bar-merah

5 Olahraga di atas kasur ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh

Ilustrasi olahraga di atas kasur (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, kesehatan diri sendiri dan orang-orang terdekat perlu untuk dijaga. Salah satu cara agar terhindar dari terinveksi virus Corona yaitu dengan meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas, seperti makan-makanan yang kaya akan vitamin, menghindari diri dari stress berlebihan, dan yang akan kita bahas kali ini yaitu melakukan latihan dan olahraga.

David Nieman, DrPH, seorang professor bidang biologi di Appalachian State University, telah melakukan banyak penelitian tentang hubungan olahraga fisik dengan imunitas tubuh.

“Olahraga merupakan aktivitas di rumah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menghindari bakteri dan virus,” ungkap Nieman, dikutip dari health.com.

Namun, banyak di antara kita yang cenderung malas dalam melakukan olahraga karena gerakan yang besar dan membutuhkan tempat khusus.

Padahal, olahraga dapat dilakukan cukup di atas kasur tempat tidur kalian lho! Tak perlu repot-repot. Apa saja olahraga yang dapat dilakukan di atas kasur untuk meningkatkan imunitas? Simak daftarnya berikut.

Scissor Leg

Setelah membuka mata, anda boleh langsung melihat notifikasi handphone. Sembari membalas chat, anda bisa berbaring telentang dan mengarahkan kaki lurus ke atas.

Pastikan kaki anda selalu lurus, kemudian turunkan kaki kanan tanpa menyentuh kasur. Jangan lupa bergantian dengan kaki kiri. Mudah bukan?

Superman

Sesuai namanya, posisi superman membuat anda dalam posisi seperti superman saat terbang. Pastikan anda berada dalam posisi tengkurap. Jadikan perut anda sebagai penopang badan.

Perlahan-lahan, angkat kaki dan tangan, tahan selama beberapa detik. lalu turunkan kembali dan ulangi. Gerakan superman di atas tempat tidur akan membantu memperkuat otot punggung anda.

Gerakan memutar pada pergelangan kaki, lutut, lengan, dan bahu

Sadar atau tidak sadar, gerakan ini pasti pernah anda lakukan. Anda hanya memutar perlahan bagian tubuh yang telah disebutkan membentuk huruf O. lakukan masing-masing selama 20 detik.

Bridge

Tembok di dinding kamar anda pun dapat dimanfaatkan untuk berolahraga, loh! Mula-mula, anda cukup berbaring telentang dengan kaki yang menghadap ke tembok.

Kemudian tekuk lutut anda dan letakkan telapak kaki di tembok, sehingga kaki anda membentuk sudut 90 derajat.

Ketika menarik napas dalam-dalam, angkat pantat dari kasur setinggi mungkin, lalu hembuskan dan kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan ini 10 kali.

Peregangan

Meski terlihat sederhana, peregangan juga merupakan latihan yang dapat membantu anda dalam meningkatkan imunitas.

Peregangan cukup dilakukan dengan menarik tangan dan kaki hingga penuh dan terasa melegakan ketika bangun pagi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com