bar-merah

Peran orang tua dalam membantu anak saat belajar dari rumah

Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Karena adanya kegiatan belajar dari rumah dan penutupan sekolah, orang tua dan keluarga menjadi elemen penting dalam mengawasi anak saat belajar.

Anak biasanya akan melibatkan diri dengan guru dan teman sekolahnya, namun saat ini ia hanya dikelilingi oleh keluarga saja. Maka merupakan tantangan tersendiri untuk orang tua dalam mengawasi kegiatan belajar anak di rumah.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Faith Lamb Parker, PHD, menemukan bahwa peran orang tua sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Secara khusus, orang tua yang mampu untuk memfasilitasi pembelaran anak di rumah erat kaitannya dengan hasil perilaku positif anak di kelas dalam hal kreativitas maupun kemandirian.

Maka dari itu, sebagai orang tua, perlu adanya usaha lebih dalam membantu anak saat belajar secara daring di rumah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

Beri pemahaman dasar tentang virus Corona dan akibatnya

Sebagai penyebab banyaknya perubahan yang terjadi, anda perlu mengajarkan ke pada anak dasar-dasar tentang virus Corona. Tentang bagaimana munculnya, penularannya, dan apa yang dapat kita lakukan untuk menghindari penularannya.

Hal ini penting agar anak dapat melihat secara garis besar bagaimana fenomena belajar di rumah dapat terjadi dan lebih berhati-hati dalam mengambil tindakan.

Tingkatkan kedisiplinan dan jadwal teratur

Buat jadwal yang pasti untuk anak. Kapan dia bisa belajar, kapan ia dapat bermain dan bersantai. Hal tersebut guna memupuk kebiasaan disiplin anak sejak dini. Terlebih pengalihan kegiatan di rumah dapat membuat anak sembrono dengan waktu yang dimilikinya. Anda sebagai orang tua dapat menjadi rem dan meluruskan jadwal anak.

Awasi anak dalam berinternet

Jika di sekolah anak tidak punya banyak waktu bermain gawainya, di rumah pun demikian seharusnya. Anak akan lebih banyak terpapar internet sendiri karena tidak ada teman untuk bersosialisasi secara tatap muka.

Maka peran orang tua adalah untuk selalu mengawasinya agar terhindar dari konten-konten yang tidak sesuai dengan usianya. Juga menghindari dari penggunaan game secara berlebihan.

Bangun suasana nyaman

Rumah menjadi satu-satunya tempat di mana anak dapat melakukan semuanya ketika pandemi ini. Maka buat suasana menjadi senyaman mungkin, dari tempat belajar, jadwal belajar, hingga cara belajar yang anda berikan kepada anak.

Dengan pendampingan yang baik dari orang tua, anak juga akan nyaman dan berpengaruh terhadap belajarnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com