bar-merah

Manager Alibaba dipecat karena dituduh lakukan pelecehan seksual terhadap karyawan

e-commerce Alibaba (Foto: Dok Zonautara)

ZONAUTARA.COM – Seorang klien dan manager perusahaan raksasa e-commerce Alibaba diduga melakukan pelecehan terhadap salah seorang karyawan. Hal ini dilaporkan karyawan selaku korban dalam jaringan internal Alibaba.

Laporan tersebut selanjutnya viral setelah diunggah ke platform Weibo.

Manager yang dilaporkan tersebut kini telah dipecat, setelahnya, turut serta beberapa petinggi mengundurkan diri.

Sedangkan, kejadian pelecehan tersebut bermula saat manager memaksa korban ikut dalam perjalanan bisnis menemui seorang klien di kota Jinan, berjarak sekitar 900 km dari markas Alibaba di Hangzhou.

Menurut karyawan tersebut, pada Selasa (27/7) malam, ia diperintahkan manajernya untuk minum minuman keras bersama kliennya, dan sempat dicium oleh kliennya. Setelah mengonsumsi alkohol, ia terbangun di kamar hotel dalam keadaan tidak berbusana dan tidak mengingat apa yang terjadi malam sebelumnya.

Dari rekaman CCTV terungkap bahwa manajer perempuan itu sempat memasuki kamar hotel tersebut empat kali sepanjang malam. Kepada manajemen Alibaba, manajer itu mengaku melakukan ‘tindakan intim’ dengan karyawan perempuan yang dalam keadaan mabuk.

Begitu kembali ke Hangzhou, karyawan perempuan itu melaporkan insiden yang dialaminya ke bagian kepegawaian dan manajemen, serta meminta agar bosnya dipecat. Meski bagian kepegawaian menyetujui, tapi mereka tidak mengambil tindakan tersebut.

CEO Alibaba Daniel Zhang langsung mengutuk insiden tersebut dan menyebutnya sebagai sesuatu yang memalukan. Ia mengatakan saat ini insiden itu sedang diselidiki oleh pihak internal dan kepolisian.

“Terlepas dari gender, apakah itu permintaan yang dibuat oleh pelanggan atau atasan, karyawan kami diberdayakan untuk menolaknya,” kata Zhang dalam memo internal untuk karyawan Alibaba, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (10/8).

“Kejadian ini merupakan penghinaan bagi semua karyawan Alibaba. Kita harus membangun kembali, dan kita harus berubah,” sambungnya.

Manajer yang bertugas di unit City Retail Alibaba itu sudah dipecat dan tidak akan dipekerjakan lagi. Presiden dan kepala kepegawaian unit City Retail juga mengundurkan diri karena insiden tersebut, dan Chief People Officer Alibaba ikut menerima teguran.

Zhang mengatakan Alibaba akan melakukan pelatihan untuk mencegah pelecehan seksual dan meluncurkan kanal khusus yang bisa digunakan oleh karyawan untuk melaporkan insiden yang mereka alami. Alibaba juga akan merilis kebijakan anti kekerasan seksual tanpa toleransi.

Zhang juga menekankan bahwa Alibaba menantang keras budaya memaksa meminum minuman keras. Dalam memo itu, Zhang juga mengatakan Alibaba akan bertanggung jawab atas kesejahteraan karyawan perempuan yang menjadi korban.

Di sisi lain, karyawan keadilan bagi korban. Konsolidasi ftersebut dilakukan dalam sebuah grup yang beranggotakan lebih dari 6.000 anggota.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com