bar-merah

Kiat-kiat aman berwisata ketika pandemi Covid-19

Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.comSetelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia berakhir, maka semua keadaan diusahakan akan memulai “New Normal” kembali. Para pekerja remote akan kembali ke kantor, kegiatan belajar juga akan kembali ke sekolah, tak lupa juga kegiatan berwisata.

Meskipun PPKM nanti dicabut, virus Corona tak serta merta hilang dari muka bumi. Maka dari itu, masih ada potensi bagi siapapun untuk terserang virusnya. Maka dari itu, untuk anda yang sudah tidak sabar untuk melancong demi keperluan apa saja, tetap perhatikan beberapa hal ini agar selalu aman saat berwisata.

Tahap Persiapan

Dalam berwisata, penting untuk menyiapkan segala hal. Tak hanya tiket pesawat, daftar tempat tujuan, dan budget yang harus dikeluarkan, ada beberapa hal lain yang harus anda perhatikan untuk berwisata dalam era “New Normal” nanti.

  • Lihat kondisi lingkungan asal dan tempat tujuan anda

Apakah domisili anda masih memiliki kasus Covid-19 yang sangat tinggi? Apakah daerah tujuan anda sudah aman dan kasus Covid-19 sudah menurun? Data-data tersebut perlu anda cari tahu.

Jika kondisi lingkungan asal anda masih tinggi, maka sebaiknya anda tidak bepergian terlebih dahulu, karena anda berpotensi sebagai “carrier” virus Covid-19 meski tak memiliki gejala apapun. Anda bisa saja membahayakan orang di sekeliling anda nantinya.

Daerah kunjungan juga perlu diperhatikan karena jika anda memasuki wilayah dengan kasus Covid-19, bisa-bisa perjalanan wisata anda tak lagi menyenangkan karena harus berjuang melawan Covid-19.

  • Perhatikan syarat-syarat dalam memasuki wilayah tersebut

Beberapa negara memberlakukan syarat-syarat tertentu untuk memasuki wilayahnya. Sebut saja passport vaksin. Atau pengunjung yang sudah divaksinasi dengan jenis apa yang boleh memasuki wilayah tersebut. Semuanya harus diperhatikan dan dipenuhi agar tak menghalangi kegiatan berwisata anda.

  • Pastikan tempat tujuan anda dekat dengan klinik atau rumah sakit

Dalam merencanakan jadwal atau tempat kegiatan, pastikan tempat tujuan anda tak jauh dari akses klinik maupun rumah sakit. Semua ini dilakukan guna mengantisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam perjalanan wisata

Tak hanya dalam proses perencanaannya, anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut saat proses berwisata.

  • Utamakan protokol kesehatan

Anda harus paham betul apa saja protokol kesehatan yang harus dipenuhi seperti menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan, dan lain sebagainya. Pelajari terlebih dahulu sebelum berwisata agar penerapan protokol kesehatan lebih mudah dilakukan.

  • Hindari bersentuhan kontak langsung dengan orang lain

Kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi orang lain yang ada di sekitar kita. Antisipasikan hal tersebut dengan menghindari kontak langsung dengan siapa saja.

  • Jangan lupa asupan vitamin

Asupan vitamin sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh perlu untuk kita perhatikan. Vitamin yang dapat dikonsumsi di antaranya vitamin C, B6, E, dan lain-lain. Jika anda sulit untuk mengidentifikasi makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut, anda bisa membawa suplemen sesuai dengan anjuran dokter.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com