20.000 ibu hamil di Sulut masuk sasaran vaksinasi Covid-19

Fandri Mamonto
Penulis Fandri Mamonto
Sumber : Freepik

ZONAUTARA.COM- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) berencana memulai vaksinasi Covid-19 terhadap ibu hamil pada pekan depan.

Hal ini diungkapkan oleh Juru bicara satgas Covid-19 provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steaven Dandel, dikatakannya vaksinasi bagi ibu hamil direncanakan akan dilaksanakan pada Minggu depan.

“Karena saat ini sementara dipersiapkan komunikasi resiko Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Moderna yang cukup banyak. Pengalaman terjadi pada booster ketiga untuk tenaga kesehatan,” katanya.

Dandel menambahkan kemarin sudah masuk vaksin Moderna untuk suntikan satu dan kedua berjumlah 8100 vial untuk 113.400 dosis yang akan dipakai prioritas bagi ibu hamil.

Sementara itu sesuai data dari satgas Covid-19 provinsi Sulawesi Utara sebanyak 20.000 ibu hamil masuk sasaran vaksin Covid-19.

Walaupun demikian jumlah tersebut bukan angka faktual tapi merupakan proyeksi statistik.

sumber satgas Covid-19 Sulut.

Sebelumnya Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan untuk proses skrining terhadap ibu hamil harus dilakukan secara rinci dan teliti.

“Bagi ibu hamil, proses skrining atau penafisan kepada ibu hamil harus dilakukan secara detail dibandingkan sasaran lain,” katanya.

Vaksin Covid-19 hanya bisa diberikan kepada ibu hamil yang usia kandungannya sudah 13 minggu dan berada ditrimester kedua kehamilan. 

“Jika memiliki penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut, maka vaksin dapat diberikan,” ujar Wiku.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com