bar-merah

Menabung saat pandemi? Begini caranya

Ilustrasi (Sumber: Pexels)

ZONAUTARA.com – Mengelola keuangan dengan baik memang tak hanya dilakukan saat berada dalam keadaan genting saja. Namun, setiap hari, kita diharuskan dapat mengelola keuangan dengan baik. Terlebih ketika dalam keadaan pandemi.

Tak cuma jumlah pemasukan yang berubah bagi beberapa orang, pandemi juga membuat kita sulit menabung karena berbagai macam tantangan. Baik adanya kebutuhan baru yang harus dipenuhi, maupun sebagai pelampiasan ketika stress saat pandemi.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa pengeluaran tetap harus diatur sebaik mungkin apapun alasannya. Maka berikut ini merupakan beberapa tips untuk menabung saat pandemi.

Lakukan auto-save tabungan anda

Meski anda merasa memiliki pemasukan yang lebih besar dari pada pengeluaran yang anda lakukan, ada baiknya melakukan mekanisme tabungan otomatis di bank atau perusahaan reksa dana yang otomatis akan menginvestasikan uang anda tiap bulan.

Pengeluaran hanya untuk kebutuhan yang penting

Buat daftar kebutuhan apa saja yang penting dan menempati priorotas pertama serta pasti dikeluarkan tiap bulannya, lalu anda juga bisa membuat daftar sisanya dengan masing-masing prioritas.

Jika di tengah perjalanan anda menginginkan sesuatu di luar jangkauan prioritas anda, sebaiknya anda berpikir berulang kali untuk membelinya. Jangan impulsif. Tanyakan pada diri anda apakah barang yang akan anda beli akan berguna untuk beberapa bulan ke depan? Atau hanya keinginan sementara anda?

Gunakan untuk pengembangan dirimu

Pengeluaran baik jika digunakan untuk keuntungan diri sendiri. Anda bisa mendaftar target pengembangan diri apa saja yang akan dilakukan dan skill apa saja yang akan dikembangkan selama karantina. Setelah itu, anda bisa menyisihkan tabungan anda untuk hal-hal tersebut.

Investasi tak hanya diwujudkan dalam benda atau pun uang, namun juga skill yang anda punya. Karantina di kala pandemi merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk mengembangkan diri.

Selalu catat pengeluaran

Dengan mencatat pengeluaran yang dilakukan, maka dapat menjadi rem dan pengingat bagi anda jika sudah terlalu banyak berbelanja. Jangan ragu untuk mencatatnya sebagai bahan evaluasi anda nanti.

Alokasikan dana yang tidak digunakan untuk tabungan

Beberapa kebutuhan ketika pandemic dapat ditekan, seperti pengeluaran dalam penggunaan transportasi, pembelian pakaian dan baju, serta pengeluaran untuk makan dan nongkrong di luar. Alokasikan dana tersebut untuk ditabung.

Review pengeluaran anda dalam jangka waktu tertentu

Biaya apa yang seharusnya bisa ditekan, benda-benda apa yang bisa tidak dibeli, dan lain-lain dapat menjadi bahan evaluasi anda selama kurun waktu tertentu.

Dari catatan keuangan dan pengeluaran anda, dapat dilihat berapa pemasukan dan pengeluaran anda, dan anda bisa mengevaluasinya untuk lebih hemat di waktu yang akan datang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com