bar-merah

4 Kebiasaan yang menurunkan sistem kekebalan tubuh

Asbak
Ilustrasi dari Pixabay.com

Sistem imun ditentukan dari gaya hidup dan pola makan. Ada beberapa hal yang bisa membuat sistem imun tubuh menjadi kuat, bisa dari makanan yang dikonsumsi maupun kebiasaan hidup sehari-hari.

Sebaliknya, ada juga kebiasaan hidup yang menurunkan kekebalan tubuh. Padahal di masa pendemi Covid-19 kekebalan tubuh adalah senjata memerangi penyakit, dan virus.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang memperburuk sistem imun.

  1. Malas Gerak (Mager)

Pandemi Covid-19, membuat kebanyakan orang akhirnya harus bekerja work from home (WFH). Hal ini menyebabkan tubuh kurang bergerak.

Dikutip dari CNN, Andi Kurniawan, spesialis kedokteran olahraga mengatakan, kurang bergerak bisa menurunkan imun, dan meningkatkan resiko infeksi.

  1. Rokok dan minuman beralkohol

Kebiasaan merokok membuat kadar antioksidan di dalam darah seperti vitamin C menjadi berkurang. Antioksidan sangat baik untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas

Rokok juga mengandung berbagai zat kimia yang dapat merusak respons imun tubuh. Sedangkan minuman beralkohol dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Menurut ahli kesehatan Jennifer Edelman, minuman beralkohol memiliki banyak efek buruk bagi tubuh yaitu dapat meningkatkan resiko infeksi virus yang serius.

  1. Konsumsi gula berlebihan.

Menurut ahli gizi Rita Ramayulis, sebaiknya mengkonsumsi gula tidak lebih dari 5 persen energi total atau sekitar 26 gram. Jika berlebihan, dapat menurunkan mikroflora di usus.

Gula sangat disukai oleh bakteri jahat. Gula bisa menekan bakteri baik dalam tubuh, kemudian menyebabkan sel darah putih melemah.

Jika sudah seperti itu, sel darah putih yang lemah menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Sebaiknya keberadaan bakteri baik dan jahat di tubuh tetap seimbang.

  1. Jarang tertawa

Sebuah studi membuktikan pria yang rutin menonton video lucu, hormon stresnya menurun. Tertawa dapat mengendalikan hormon stres di dalam tubuh

Tertawa memiliki manfaat jangka panjang bagi tubuh yaitu meningkatkan sistem imun. Ketika tertawa, efek negatif di pikiran dapat menjadi positif. Keadaan ini dapat melepaskan neuropeptida yang berguna melawan stres dan berbagai penyakit serius.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com