bar-merah

Stimulasi bayi anda agar tetap aktif saat pandemi Covid-19

Ilustrasi (Sumber pexels.com)

ZONAUTARA.com – Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak senang ketika bermain dengan teman sebayanya. Namun untuk menghindari penyebaran virus Covid-19, kegiatan berkumpul dan bermain dengan teman sejawat terpaksa ditiadakan. Maka dari itu, hanya orang tua yang dapat membantu anak melakukan stimulasi demi perkembangan anak.

Meski tak bisa bermain dengan teman sebayanya di luar rumah, bukan berarti anak terjebak di dalam rumah dan tidak ada opsi lain untuk bermain dengannya dan bersenang-senang.

Unicef bersama dengan LEGO Foundation merangkum beberapa cara menstimulasi anak anda sesuai dengan usianya, agar dapat menikmati momen dan memperluas dunianya ketika berada di rumah saja.

Bayi 0-9 bulan

  • Lakukan permainan ciluk, ba! jika usia anak anda berada dalam rentang 0-9 bulan. Duduklah dengan bayi anda, lalu angkat tangan atau benda yang menutupi muka, lalu lepaskan benda tersebut dan berkata “Ciluk, ba!” si kecil akan senang ketika melihat anda menghilang dan muncul kembali.
  • Penamaan benda. Tunjuk beberapa benda di rumah dan sebutkan nama serta deskripsikan benda tersebut. Hal ini akan membantu si kecil dalam membangun keterampilan berbahasanya.
  • Karaoke keluarga. Nyanyikan lagu anak-anak dengan bayi anda. Anda juga bisa membuat alat musik dari berbagai barang di dalam rumah. Musik dapat membantu perkembangan sensorik anak, dan memegang alat musik DIY buatan anda dapat mengembangkan kemampuan motoriknya.
  • Perkenalkan anggota badannya. Tunjuk salah satu anggota badan dan beri kesempatan si kecil untuk menyebutkan namanya. Anda juga bisa melakukan sebaliknya.

Balita 1-2 tahun

  • Berkendara dengan mobil kardus. Tempatkan di kecil ke delam kardus yang nyaman lalu anda bisa bermain mobil-mobilan di situ.
  • Menjadi drummer. Anda bisa memanfaatkan benda-benda di rumah menjadi alat musik drum. Permainan sederhana ini mudah dilakukan dan seru.
  • Bermain bola. Di usia ini, anak anda bisa mengambil bola yang anda gulingkan ke arahnya. Permainan ini bagus untuk membuatnya lebih percaya diri.

Anak pra sekolah 3-4 tahun

Di usia ini, anda dapat mengajari anak anda berdandan. Anda bisa bermain peran dengan anak anda. Anda juga bisa bermain permainan kejar-kejaran di sekitar rumah. Selain itu, anda juga bisa bermain tebak-tebakan suara hewan dengan si kecil.

Anak 5-8 tahun

Di usia ini, si kecil sudah bisa diajarkan bermain air seperti membasuh dan mencuci. Anda juga bisa mengajaknya memasak camilan yang ia suka lalu hidangkan bersama keluarga. Ia tentu akan bangga dengan masakan buah karyanya.

Meski dalam kondisi pandemi, jangan sampai anak anda kurang bermain, karena usia anak-anak adalah usia krusial bagi tumbuh kembangnya. Tingkatkan kemampuan sensorik dan motorik si kecil dengan berbagai macam hal yang bisa anda lakukan sendiri di rumah selama PPKM.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com