ZONAUTARA.com – Interaksi sosial merupakan kebutuhan tersendiri bagi manusia, terlebih saling bertatap muka. Namun, kondisi pandemi memaksa semua hal harus diberi jarak. Hal tersebut tentu membuat kita merasa kesepian selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Peristiwa merasa diri kesepian merupakan bagian dari kesehatan mental yang harus diatasi bersama.

“Mengatasi masalah kesehatan mental, baik selama maupun setelah pandemi COVID-19, merupakan keharusan,” kata Viviana Horigian dari University of Miami di Coral Gables, Florida.

Salah satu penelitiannya yang berhadil diterbitkan di Journal of Psychoactive Drugs, melaporkan survey terhadap 1008 orang berusia 18-35 tahun. Di antara mereka, 80% peserta melaporkan gejala depresi yang siginifikan selama pandemi. Salah satu penyebabnya adalah rasa kesepian.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa kesepian meski sedang karantina dan memang diharuskan melakukan semuanya sendiri? Berikut tipsnya.

Jaring hubungan sosial lewat daring

Jika anda tidak bisa bermain dan menonton film bersama dengan teman-teman, maka manfaatkan komunikasi daring untuk menjalin hubungan tersebut. Saling ceritakan bagaimana kabar anda dan bagaimana anda menjalani hari.

Anda juga bisa menghubungi teman lama. Buat grup chat atau platform komunikasi yang lain yang membuat anda dan rekan anda nyaman dalam bertukar informasi.

Ekspresikan perasaan anda lewat hal-hal baik

Dapat menceritakan perasaan yang sedang anda rasakan dapat membantu mengatasi kesepian. Tidak masalah jika anda bercerita bahwa anda merasa kesepian. Apalagi jika menceritakannya kepada teman dekat anda.

Jika bukan lewat cerita, anda bisa mengekspresikannya lewat hal-hal lain seperti berpuisi, menulis lirik lagu, dan menulis jurnal atau buku harian. Mengungkapkan apa yang sedang anda rasakan dapat meredam kesepian.

Lakoni hobi yang disukai

Dengan mengalihkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disuka membuat kita lupa akan kesepian. Jika anda hobi memasak, maka cobalah resp baru, jika anda hobi menggambar, anda bisa menggambar untuk mengisi waktu.

Olahraga juga dapat membantu menaikkan mood dan merelaksasi pikiran serta badan. Jika anda merasa ingin lebih tenang, anda bisa mendengarkan lagu yang menenangkan atau audio yang memotivasi anda.

Sibukkan diri dengan belajar hal baru

Di tengah pandemi, banyak orang mengisi waktu dengan melakukan hal-hal baru. Anda juga bisa mencobanya sendiri. Banyak alternatif kegiatan yang bisa anda pelajari. Seperti belajar bahasa baru, belajar menata rambut, belajar fotografi, dan masih banyak lagi.

Bergabung dengan komunitas daring

Banyak komunitas daring yang telah berjalan di tengah pandemi Covid-19. Anda bisa memilih komunitas sesuai dengan minat dan kesukaan anda. Selain itu, anda juga bisa bergabung dengan komunitas volunteer. Selain bisa mengurangi kesepian, anda juga dapat membantu orang lain.