Cara mengoptimalisasikan media sosial sebagai strategi pemasaran di era pandemi Covid-19

Kontributor
Penulis Kontributor
Ilustrasi (Sumber pexels.com)



ZONAUTARA.com – Di era pendemi Covid-19, digital marketing makin santer digunakan. Promosi lewat sosial media pun merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk mempromosikan produk atau jasa anda.

Menurut survey yang dilakukan oleh PwC pada Juni 2021, lebih dari 50% konsumen global mengatakan telah menggunakan perangkat digital lebih sering daripada enam bulan sebelumnya, dalam survey PwC sebelumnya. Laporan tersebut juga menemukan bahwa penggunaan handphone untuk berbelanja meningkat dua kali lipat sejak tahun 2018.

Dalam surveynya pula, Visa melaporkan bahwa 25% keputusan dalam belanja online ditentukan dari adanya interaksi yang dilakukan di sosial media. Hal ini menunjukkan bahwa sosial media berperan penting dalam mempromosikan produk anda.

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan fungsi sosial media untuk promosi produk anda?

  • Pilih jenis media sosial dan lakukan analisis pasar

Dari banyaknya media sosial yang ada, anda cukup memilih satu media sosial yang bisa anda fokuskan sebagai awalan. Lihat jenis produk anda, dan di manakah sosial media dengan pasar terbesar yang berminat dengan produk tersebut.

Setelah matang dengan satu media sosial, anda bisa mengembangkan promosi ke media-media yang lain. Lakukan analisis pasar juga, apa yang pelanggan minati, bagaimana profesinya? Bagaimana grup usianya? Dan lain sebagainya agar target pasar anda menyasar tepat.

  • Buat strategi konten dan KPI

Mengolah konten sosial media tak bisa sembarangan jadi. Setelah dilakukan analisis pasar, anda juga bisa membuatnya sebagai modal dalam pembuatan konten anda. Apakah anda perlu melakukan soft selling dengan pembuatan artikel? Atau apakah anda perlu membuat video singkat di Youtube? Semua itu bisa anda pertimbangan dalam tahap penyusunan strategi.

Selain itu, anda juga dapat menentukan Key Performance Indikator atau indicator kinerja. Tentukan target dari masing-masing strategi yang disusun, kemudian alternatif jika target tersebut belum dapat terpenuhi dalam jangka waktu tertentu.

  • Maksimalkan engagement dengan bantuan influencer

Tak bisa dipungkiri bahwa peran akun media sosial dengan jumlah pengikut lebih besar sangat berpengaruh pada engagement media sosial anda. Manfaatkan hal tersebut untuk memasang iklan.

Anda juga dapat memasang iklan yang telah disediakan oleh masing-masing aplikasi sosial media yang anda gunakan. Optimalkan penggunaan iklan tersebut agar penerima iklan tepat sasaran.

  • Konsisten dan bentuk brand personality

Orang akan mengharapkan bahwa produk anda di media sosial memiliki kepribadian atau nilai mereka sendiri. Dari banyaknya persaingan produk online, produk anda lah yang diharapkan menonjol di antara yang lain. Maka brand personality harus dipertimbangkan.

Kepribadian produk yang sesuai dengan audiens maupun target audiens merupakan taktik terbaik untuk memenangkan pasar media sosial. Jika anda gagal melakukannya, anda bisa saja kehilangan 50% dari prospek pelanggan anda.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com