bar-merah

Inspektur Upacara Kemerdekaan, Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Lampung

Presiden Jokowi (Foto: Tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)

ZONAUTARA.COM – Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI, Presiden Joko Widodo tampil mengenakan pakaian adat Lampung, Selasa (17/8).

Sementara, Ibu Negara Iriana Jokowi nampak anggun dengan mengenakan busana nasional berbahan songket. Keduanya, tak lupa menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker.

Sementara, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wury Ma’ruf Amin memakai pakaian adat Sunda, Sukabumi, Jawa Barat.

Tampak Ma’ruf memakai setelan jas tertutup dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Adapun pada upacara kemerdekaan HUT 75 RI pada Tahun 2020 lalu, Jokowi menggunakan adat busana daerah dari Kabupaten Timur Tengah Selatan, NTT.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi disiarkan secara langsung dari Youtube Sekretariat Presiden dan diikuti secara virtual oleh para undangan dan masyarakat.

Untuk diketahui, Tim Indonesia Tangguh yang bertugas pada upacara tersebut, diantaranya Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Ardelia, kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, saat ini menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pria kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977, ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1999. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja. Saat ini pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Sementara, Perwira upacara diisi oleh Brigadir kelahiran Bangkalan yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta yakni Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com