ZONAUTARA.COM- Vaksinasi Covid-19 terhadap ibu hamil di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah dimulai. Kamis 19 Agustus 2021 pencanangan vaksinasi kepada ibu hamil dilaksanakan di RSUD ODSK dihadiri oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan dan Sekretaris TP-PKK Devi Kartika Kandouw Tanos.

“Kita tentunya menyambut baik akan program ini. Sasarannya jelas, yaitu kepada para ibu hamil. Untuk itu Saya akan mendorong Dinas Kesehatan Daerah Sulut untuk sesegera mungkin melakukan vaksinasi bagi ibu hamil di setiap kabupaten kota, mengingat program ini merupakan bagian dari upaya perlindungan dari pemerintah dalam melihat situasi pandemi yang juga berpotensi menyerang ibu hamil,” kata Gubernur.


Sementara itu Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan menghimbau agar para ibu hamil untuk tidak takut divaksin. Pihaknya akan mendorong semua TP-PKK di 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut untuk melakukan sosialisasi program vaksinasi pada ibu hamil.

“Ibu-ibu hamil jangan takut untuk divaksin. Saya juga minta peranan bapak-bapaknya dalam mendorong ibu-ibunya supaya mau divaksin, agar ibu dan anak bisa lebih terjamin kesehatan terlebih sampai proses persalinan,” ujarnya.

Terpisah juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel mengatakan jumlah ibu hamil yang dilayani dalam pencanangan tersebut adalah sebanyak 20 orang.

Ia menuturkan sepanjang pandemi Covid-19, data angka kematian akibat penyakit ini menunjukkan kelompok lansia merupakan golongan umur yang paling terdampak. Namun pada perkembangan situasi terkini menunjukkan adanya peningkatan angka kematian pada kelompok usia anak dan juga kelompok ibu hamil bersalin.

Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan untuk segera memberikan vaksinasi Covid-19 pada kelompok ibu hamil.

“Dengan vaksin Covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai dengan ketersediaan logistik vaksin di daerah,” ungkapnya.

Sementara itu sesuai data dari satgas Covid-19 provinsi Sulawesi Utara sebanyak 20.000 ibu hamil masuk sasaran vaksin Covid-19.  Walaupun demikian jumlah tersebut bukan angka faktual tapi merupakan proyeksi statistik.