ZONAUTARA.COM Saat pendemi, keputusan untuk Gap Year bisa saja dipikirkan oleh calon mahasiswa. Banyak alasan yang menjadi latar belakang kenapa Gap Year diputuskan di masa pandemi. Bisa jadi karena ingin melakukan lebih banyak hal bebas, ingin berpetualang, dan mematangkan diri menuju universitas impian.

Gap Year adalah istilah yang mendefinisikan siswa yang mengambil jeda atau waktu kosong sebelum masuk ke perguruan tinggi. Lalu, apa saja yang bisa kalian lakukan ketika melakukan Gap Year saat pandemi?

  • Belajar

Untuk yang memutuskan Gap Year karena ingin masuk universitas yang diimpikannya, kegiatan belajar selama pandemi merupakan hal yang wajib dilakukan. Anda bisa melakukan tes-tes uji coba masuk ke perguruan tinggi secara daring. Anda juga bisa mengulang dan mematangkan materi yang anda pelajari saat sekolah.

Selain itu, anda juga bisa belajar hal-hal di luar tujuan universitas anda. Anda bisa belajar coding, bisnis, ekonomi, dan banyak hal lainnya. Tidak ada yang salah dengan belajar dan menemui hal-hal yang baru lagi.

  • Bekerja

Selain belajar, anda juga bisa mengisi waktu luang dengan bekerja. Pekerjaan yang dilakukan bisa pekerja lepas atau penuh. Jika anda ingin bekerja lepas, pilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Anda bisa menjadi guru, penerjemah, penulis, dan berbagai macam pekerjaan lainnya.

Jika anda memilih bekerja secara penuh secara luring, jangan lupakan kondisi pandemi yang masih diberlakukan. Utamakan protokol kesehatan ketika anda bekerja.

  • Magang

Magang bisa menjadi pilihan yang bisa anda ambil saat Gap Year di tengah pandemi. Sama seperti bekerja, anda bisa memilih tempat dan bidang magang sesuai dengan yang anda inginkan.

Selain mendapat gaji, dengan magang, anda bisa mendapatkan pengalaman untuk Curriculum Vitae anda.

  • Volunteering

Volunteering merupakan salah satu hal bermanfaat lainnya yang bisa anda lakukan selama Gap Year. Anda bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang bertujuan untuk membantu sesama.

Anda juga bisa melakukan volunteering di luar negeri. Jika anda suka mengajar, anda bisa melakukan volunteering untuk mengajar anak-anak. Jadilah relawan yang berkontribusi dengan tujuan yang mulia.