Pandemi Covid-19 dengan korban yang makin naik, membuat semua orang merasa khawatir. Namun, Indonesia telah banyak melakukan vaksin gratis dengan berbagai jenis produsen. Banyak rumor yang boleh dan tidak boleh melakukan vaksin beredar di tengah masyarakat.

Untuk membantu anda menyiapkan diri sebelum melakukan vaksin Covid-19, unicef memberikan beberapa rekomendasi hal-hal yang harus anda lakukan dan tidak boleh anda lakukan setelah divaksin.

Yang harus dilakukan

  • Olahraga teratur

Olahraga terbukti dapat meningkatkan imunitas tubuh. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi. Imunitas yang baik dibutuhkan untuk menangkal virus. Lakukan olahraga ringan agar tubuh anda tetap sehat setelah divaksin. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat. Cukup dengan melakukan hal-hal ringan seperti jogging dan jalan-jalan.

  • Makan dengan gizi seimbang dan perbanyak minum air putih

Jangan sampai anda dehidrasi setelah melakukan vaksin. Air putih dapat meringankan efek samping rasa sakit vaksin. Selain itu, makanan sehat juga dapat memerangi efek samping vaksin.

  • Tidur 7-8 jam per hari

Saat anda divaksinasi, tubuh bergantung pada respon imun untuk mengembangkan perlindungannya. Kurang tidur setelah vaksin dapat mengakibatkan penurunan kekebalan dan memicu stress.

  • Teruslah menyusui untuk ibu yang telah divaksin

Antibodi yang dihasilkan melalui vaksin Covid-19 dapat menular ke bayi melalui susu ibu.

Yang tidak boleh dilakukan

  • Jangan berpikir anda 100% kebal virus Covid-19

Tidak ada vaksin yang memiliki tingkat keberhasilan 100%. Anda masih bisa tertular vaksin namun dengan risiko yang lebih ringan.

  • Hindari alcohol dan tembakau

Disarankan untuk menghindari konsumsi tembakau dan minuman beralkohol karena memperburuk efek samping vaksin seperti nyeri otot, lelah, dan sakit kepala.

  • Jangan tunda konsultasi dengan dokter

Jika terdapat efek samping yang berlebihan, jangan pernah tunda untuk konsultasi dengan dokter anda. Jika efek samping juga tak membaik dalam waktu yang lama, jangan ragu untuk konsultasi.

  • Hindari aktivitas fisik yang berat

Tubuh anda memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan. Hindari membuatnya stres dengan olahraga berat.

  • Jangan lewatkan vaksin untuk dosis selanjutnya

Ada beberapa dosis vaksin untuk orang dewasa. Jangan pernah lewatkan vaksin untuk dosis selanjutnya agar tubuh anda semakin kebal terhadap virus.