ZONAUTARA.COM — Menyambut kedatangan 26 WNI yang berhasil dievakuasi dari Afghanistan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia berharap hak-hak kaum perempuan dihormati serta perdamaian dan stabilitas dapat tercipta kembali di Afghanistan, Sabtu (21/08/2021).

Retno berharap kebaikan rakyat Afghanistan diutamakan dengan menempuh proses politik yang inklusif.

Retno menambahkan, Indonesia juga terus memiliki komitmen membantu menciptakan perdamaian terutama kerjasama pemberdayaan perempuan.

“Indonesia terus berharap agar kaum perempuan Afghanistan dihormati hak-haknya. Dan Indonesia terus berkomitmen untuk membantu menciptakan perdamaian di Afghanistan terutama melalui kerja sama pemberdayaan perempuan,” katanya.

Menurut pejabat Taliban dan sumber-sumber NATO, sejak Taliban berkuasa, dilaporkan ada 12 orang tewas di dalam, dan sekitar bandara di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Pejabat Taliban mengaku kematian itu disebabkan oleh tembakan senjata atau terinjak-injak, karena serbuan orang-orang ketakutan yang mencoba keluar dari Afghanistan. Dilansir dari Reuters, pada Kamis (19/08/2021).

Pejabat tersebut mengimbau orang-orang yang masih berkerumun di gerbang fasilitas bandara untuk pulang ke rumah masing-masing.

Terutama jika mereka tidak memiliki hak hukum untuk bepergian. Seorang pejabat Taliban juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin melukai siapa pun di bandara.