ZONAUTARA.COM — Setelah berhasil melaksanakan misi evakuasi WNI dari Afghanistan, sejumlah awak pesawat yang sampai di Rarum lanud halim segera melakukan pemeriksaan dan briefing pasca penerbangan, Sabtu (21/08/2021).

Hal tersebut disampaikan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sembari menyampaikan rasa syukur dan harunya telah berhasil mengevakuasi 26 WNI dari Afghanistan.

Meski sulit, Hadi menyampaikan bahwa misi evakuasi dari Kabul Indonesia tersebut dapat dilaksanakan sesuai rencana.

Hadi menuturkan, evakuasi WNI di Kabul tidaklah mudah, karena banyak permasalahan dan dinamika di lapangan yang dihadapi. Namun misi tersebut berjalan dengan lancar dan aman berkat kerjasama antar kementerian dan lembaga.

“Semua bisa dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama antar kementerian dan lembaga. Sehingga operasi ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” kata Hadi.

Sebelumnya Menlu Retno Marsudi dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyambut kedatangan 26 WNI dari Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Selain 26 WNI, pemerintah juga mengevakuasi 5 warga negara Filipina dan 2 warga negara Afghanistan.

“Dalam misi evakuasi ini ikut juga 5 warga negara Filipina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia,” ucap dia.

Retno menambahkan, pemerintah Indonesia juga mengevakuasi 2 warga negara Afghanistan. Satu orang merupakan suami dari WNI dan satu orang lagi merupakan staf lokal perempuan yang bekerja di KBRI.