Kita memang tak pernah tahu kapan pandemi dan pembatasan sosial akan berakhir. Namun, selain adaptasi, kita juga tidak boleh lengah. Berbagai macam persiapan harus dilakukan saat berada di era New Normal, apalagi jika anda adalah seorang pemimpin perusahaan.

Seorang pemimpin tentunya telah banyak melakukan adaptasi di masa pandemi, namun anda tetap harus memikirkan cara agar perusahaan yang anda jalankan bisa bertahan ketika semua kembali normal dan dapat melanjutkan bisnis yang berkelanjutan.

Mengutip dari Forbes, Tyler Bray, pemilik The Trailer Parts Outlet telah merangkum langkah apa saja yang yang harus dihadapi seorang pimpinan perusahaan memasuki era New Normal.

  • Beberapa hal tak akan pernah sama lagi

Pandemi telah mengubah banyak hal, banyak platform, dan banyak penyesuaian yang tak akan bisa Kembali sama seperti pra pandemi. Perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Twitter, Oracle, telah mengumumkan bahwa mereka akan mempertahankan Work From Home (WFH).

Inilah saatnya anda dan perusahaan memanfaatkan platform digital dan melipat gandakan kekuatan produktivitas jarak jauh. Anda harus mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

  • Ciptakan visi dan berorientasi pada masa depan

Banyak hal telah terkikis bahkan hilang Ketika pandemi Covid-19 datang. Sebagai pemimpin perusahaan, anda dituntut untuk dapat memberi nilai dan visi kepada pekerja anda. Mulailah memikirkan inovasi baru di masa depan dan berbagai strategi persaingan perusahaan yang sehat.

Jika setiap anggota tim atau pekerja anda tahu bagaimana letak kontribusinya, maka anda dapat membangun bisnis yang kokoh dan dapat cepat beradaptasi di era serba modern dan digital.

  • Gandakan kekuatan anda

Di era pandemi, banyak peluang yang dapat anda dan perusahaan lakukan. Mulailah identifikasi hal apa yang paling berhasil Ketika dunia sedang banyak masalah.

Sebagai pemimpin, buat karyawan anda aktif dalam mengembangkan ide dalam pekerjaan mereka. Tanyakan hal-hal inovatif dan fokuskan untuk pengembangan perusahaan.

  • Rencana matang untuk setiap divisi

Untuk menjalankan visi dan misi jangka panjang, anda perlu memilih orang yang tepat untuk setiap divisi perusahaan. Mintalah tiap divisi untuk Menyusun strategi yang dapat dilakukan di masa depan.