Guna pengembangan diri, studi ke luar negeri dibutuhkan oleh beberapa orang. Baik untuk pertukaran pelajar, pertukaran penelitian, maupun program kursus dalam waktu singkat. Namun, di tengah pandemi yang terjadi di berbagai belahan dunia, diperlukan persiapan diri sebelum melakukan studi ke luar negeri.

Pilihan ada di tangan anda. Apakah anda akan nekad berangkat ke luar negeri dengan risiko menularkan dan mempertahankan kesehatan, atau anda tidak melakukannya sama sekali dan mungkin dapat mengurangi risiko penularan virus Covid-19.

Jalan tengah yang bisa diambil, anda bisa mulai mendaftar program studi ke luar negeri mulai dari sekarang, namun pertimbangkan dengan regulasi institusi tujuan, apakah mereka memperbolehkan melakukan penundaan waktu mulai.

Berikut merupakan tips aman studi ke luar negeri pasca pandemi yang bisa anda terapkan.

  • Cari kesempatan mulai dari sekarang

Tak perlu menunggu pandemi berakhir terlebih dahulu, anda bisa mencari kesempatan mulai dari sekarang. Selain menyiapkan kemampuan bahasa inggris dan persyaratan wajib lain yang dibutuhkan, anda juga harus sudah memiliki target kampus tujuan.

Ketika anda sudah menunjuk beberapa kampus impian anda, mulailah mencari tahu program apa saja yang dibuka, dan apakah bisa dilakukan ketika pandemi. Jika tidak, apakah universitas memberi kelonggaran berupa penundaan dalam kegiatan studi.

Jangan tunggu hingga pandemi selesai karena persaingan akademik untuk studi ke luar negeri tak sedikit. Banyak orang di luar sana yang memiliki keinginan yang sama seperti anda. Maka anda harus berusaha dan mempersiapkan diri lebih matang.

  • Pilih maskapai penerbangan dengan standar keamanan tinggi

Jika nanti anda sudah terpilih, pilih maskapai dengan keamanan tinggi untuk berangkat studi. Meski nanti kita akan menghadapi era New Normal, namun virus Covid-19 tak kemudian hilang dari muka bumi. Maka anda harus tetap waspada.

Persiapakan juga kesehatan diri anda sendiri sebelum berangkat. Jaga kesehatan anda. Jangan sampai semua persiapan anda gagal karena anda sakit.

  • Pertimbangkan faktor keamanan dan akademik kampus tujuan

Tak hanya keamanan pribadi dan maskapai penerbangan, kampus tujuan studi yang akan anda tinggali juga harus diperhatikan. Urusan administrasi pun tak boleh anda lewatkan.

Selain itu, studi, kelas, professor, jumlah SKS, ekstrakulikuler, semuanya juga harus anda persiapkan sedini mungkin. Bacalah petunjuk program secara menyeluruh agar anda tidak salah dalam mengambil langkah.

  • Unduh aplikasi untuk mengetahui pembatasan perjalanan

Ketika anda berada di luar negeri, anda pasti ingin berjalan-jalan ke tempat-tempat yang baru. Namun tak semua tempat dapat anda kunjungi, tergantung jaraknya. Maka anda dapat menggunakan aplikasi untuk menerima peringatan kunjungan negara tertentu.

Status kebijakan tiap negara pun dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sehingga penting untuk anda mengunduh aplikasi tersebut agar tak salah langkah ketika berada di negara orang.