ZONAUTARA.COM — Pelaksanaan vaksinasi di DKI Jakarta yang menggunakan dosis vaksin Pfizer terbagi di empat lokasi dan berjalan mulai hari ini, Senin (23/08/2021).

Keempat lokasi tersebut yakni BPSDM Kemenkes Hang Jebat, Gedung Judo Kelapa Gading, Puskesmas Kecamatan Cilandak, dan Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus.

Hingga saat ini Pfizer hanya diizinkan untuk digunakan oleh masyarakat yang berusia di atas 18 tahun. Sebab hingga saat ini Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) masih belum merilis rekomendasi Pfizer untuk digunakan pada usia 12-17 tahun.

Untuk pelaksanaan vaksinasi Pfizer di Puskesmas Kecamatan Cilandak, dijadwalkan berlangsung pukul 13.00-14.30 WIB. Sementara Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan berjalan mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Dua lokasi itu mencantumkan cara mendaftar online yang bisa dilihat di akun media sosial Puskesmas Kecamatan Cilandak. Setiap harinya ada 60 dosis yang disediakan.

Untuk pelaksanaan vaksinasi di Gedung Judo Kelapa Gading dijadwalkan setiap Senin-Jumat pada pukul 08.00-12.00.

Dalam unggahan akun media sosial Puskesmas Kelapa Gading, sejumlah syarat untuk mendapatkan vaksin itu yakni berusia di atas 18 tahun, belum pernah mendapatkan vaksinasi dosis 1, dan tidak melayani booster, memiliki KTP atau domisili di Jakarta, dan membawa surat rekomendasi dari dokter bila mengidap penyakit bawaan atau komorbid.

Hingga Minggu (22/08/2021), vaksinasi dosis pertama di Jakarta telah mencapai 9,3 juta orang. Sementara, untuk dosis kedua baru mencapai 4,8 juta. Pemprov DKI telah meningkatkan target vaksinasi dari 8,8 juta menjadi 11 juta.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan, salah satu alasan pihaknya menaikan target itu lantaran dari capaian vaksinasi Covid-19 Ibu Kota, 30-40 persen bukan warga yang memiliki KTP DKI.

Tak hanya Pfizer, kini vaksin Moderna juga sudah mulai digunakan di 35 fasilitas kesehatan di Jakarta. Sementara alokasi vaksin yang didapatkan DKI Jakarta sebanyak 200.060 dosis.