Ekonomi digital melalui pariwisata jadi modal Minut kembangkan startup

  • Share

Pergerakan ekonomi digital di Indonesia makin gencar dilakukan hingga kini. Berbagai upaya pemerintah untuk menggerakkan roda ekonomi di sejumlah daerah, salah satunya dengan gerakan nasional #1000startupdigital.

Bagian dari tahapan perkenalan 1000 startup digital di berbagai kota di Indonesia, Regional Officer Manado sasar daerah Minahasa Utara (Minut) untuk pelaksanaan roadshow sebagai upaya mempelajari potensi, kebutuhan, dan bentuk kolaborasi dari tiap kelompok penggerak ekosistem (komunitas) dan kebutuhan dari daerah.

Dilangsungkan secara online, melalui zoom meeting pada 24 Agustus 2021, roadshow ini berhasil menggaet hampir 500 peserta dari berbagai lapisan yang disebut pentahelix.

Roadshow 1000 startup digital

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan roadshow, Joune Ganda S.E. menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), melalui Regional Officer Manado yang menginisiasi kegiatan ini di Minahasa Utara.

Baca Pula:  4 langkah memulai bisnis online rumahan

“Minahasa Utara bisa berpotensi menjadi digital energy untuk Asia. Apalagi pemenang pertama di Sulawesi Utara tahun 2020 kemarin berasal dari Minahasa Utara, startup Baciraro dari Marlon Kamagi. Ini bisa menjadi motivasi untuk kita semua, apalagi Minahasa Utara adalah daerah yang didalamnya ada desa super prioritas” tambah Joune.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Koordinator Startup Digital Kementerian Kominfo RI, Sonny Sudaryana, S.T., M.M.T, yang memberi dorongan bagi peserta untuk bergabung dalam startup yang bisa menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi di daerah.

Koordinator Startup Digital Kementerian Kominfo RI, Sonny Sudaryana, S.T., M.M.T.

Sejumlah materi menarik disampaikan oleh narasumber berkualitas dalam acara kali ini. Narasumber terdiri dari akademisi Universitas Klabat (Unklab), Ir. Edson Yahuda Putra, M.Kom. (Kepala Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) Uniq Universitas Klabat), Andria Wahyudi CO-Founder Kawanua360, serta Lady Giroth (VP Satu Tampa) yang mewakili Creator.

Roadshow yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut juga diisi dengan video arahan dari Menteri Kominfo, Johnny Plate, terkait program startup itu sendiri.

Baca Pula:  Segera dibuka, pra kerja gelombang 20 untuk 800 ribu orang

Lady Giroth sebagai Regional Officer Manado terkesan dengan respon masyarakat Minut yang menyambut baik program Startup masuk ke daerah mereka.

Hal senada juga diungkapkan Steleynes Sagay, yang juga adalah Regional Officer Manado, dirinya juga menutup roadshow dengan dorongan semangat bagi peserta.

“Tidak ada bisnis yang tidak punya resiko. Gagal adalah proses yang justru menjadi bahan evaluasi untuk membuka jalan ke masa depan yang penuh inovasi,” pungkasnya.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com