China prediksi capai herd immunity akhir tahun 2021

Kontributor
Penulis Kontributor
Ilustrasi dari Freepik.com



ZONAUTARA.COM – China diprediksi pada akhir tahun 2021 sudah akan mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Prediksi itu lantaran 80% penduduknya telah melakukan vaksinasi.

Kendati demikian hal tersebut masih sangat bergantung pada efikasi vaksin dan juga tingkat penularan virus, seperti yang disampaikan Ahli pernapasan terkemuka asal China, Zhong Nanshan.

Sementara menurut para ahli, herd immunity atau kekebalan kelompok dapat terjadi saat mayoritas populasi sudah kebal terhadap suatu penyakit, sehingga penyebaran dari orang ke orang tidak lagi dapat terjadi.

“Kemanjuran vaksin yang dikembangkan China adalah sekitar 70 persen, sehingga negara akan membutuhkan lebih dari 80 persen populasi untuk divaksinasi sebelum membangun kekebalan kelompok,” kata Zhong.

Namun dia mengatakan dibutuhkan setidaknya dua hingga tiga tahun kolaborasi global untuk membangun kekebalan kelompok di seluruh dunia.

China berhasil atasi varian Delta

China telah mengendalikan wabah terbaru yang disebabkan oleh varian Delta yang menyebar luas dalam 35 hari. Pada Senin (23/8), tercatat nol kasus penularan lokal Covid-19 di China.

China pertama kali mendeteksi Covid-19 varian Delta pada 20 Juli lalu. Kasus pertama kali ditemukan di Nanjing, di bandara internasional kota itu. Sejak saat itu kasus terus melonjak dan menyebar ke 31 provinsi lain yang menyebabkan setidaknya 1.200 orang terinfeksi.

Sejak gelombang infeksi baru terjadi, kemarin menjadi pertama kalinya otoritas kesehatan melaporkan tidak menemukan lagi kasus baru Covid-19.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com