Internet memungkinkan banyak orang terkoneksi secara daring. Komunikasi dapat dibangun antara dua orang maupun komunitas dalam media sosial. Namun, tak hanya di dunia nyata kita dituntut untuk bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan, namun di dunia maya pun demikian.

Berikut merupakan langkah-langkah agar anda menjadi netizen yang bertanggung jawab dalam menggunakan internet.

  • Sopan, beretika, dan hati-hati dalam memilih platform

Menjadi pribadi yang sopan santun dan penuh etika sangat penting dalam membangun jejaring dan koneksi dengan orang lain. Dalam berinternet, anda sebaiknya membangun citra yang sopan dan menghargai orang lain.

Postingan di internet juga kebanyakan terbatas pada teks. Maka jika tak berhati-hati dalam mengetik, ujaran anda bisa saja diartikan sedang marah atau tidak sopan.

Anda juga harus pandai memilih platform yang nyaman dan aman. Jika platform tersebut mencurigakan, maka sebaiknya ditinggalkan agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

  • Jangan memposting identitas pribadi

Tempat tinggal secara detail, identitas pribadi, atau mau ke mana anda pergi hari ini, jangan sampai tersebar begitu saja di internet. Tidak ada yang bisa dipercaya di internet. Sekali data anda tersebar, maka tidak ada ruang lagi untuk anda melarikan diri.

Simpan data diri anda dengan baik, ungkapkan data anda secukupnya. Maka anda akan aman dan terteram dalam memisahkan hidup di dunia nyata dan dunia maya.

  • Ketahui dasar perundang-undangan yang mengatur tentang bagaimana berinternet

Di setiap negara, peraturan dalam penggunaan internet berbeda-beda. Ketahui bagaimana peraturan di negara anda sendiri. Misalnya bagaimana definisi ujaran kebencian, atau postingan apa saja yang berpotensi membahayakan dan mengancam.

Jangan sampai kritik terbuka yang anda anggap biasa saja ternyata akan menjerumuskan anda dalam hukuman yang tidak pernah anda bayangkan.

  • Perkuat diri dengan literasi digital

Literasi digital sangat penting untuk semua orang di era serba daring ini. Literasi digital meliputi banyak hal, di antaranya penggunaan media digital, mengevaluasi, serta memanfaatkannya.

Jangan sampai anda mudah terkena berita bohong dan dengan mudah menyebarkannya. Ketika mendapat informasi, ketahui dari mana sumbernya dan berapa banyak media resmi yang memberitakannya. Selain itu, apakah informasi yang beredar juga logis atau tidak. Jika anda mudah terkena berita bohong, itu akan menjadi boomerang bagi anda sendiri.

  • Perhatikan keamanan digital

Keamanan digital diri anda juga perlu diperhatikan. Peretasan banyak terjadi yang mengakibatkan data pribadi tersebar, penipuan, dan lain sebagainya. Perkuat diri dengan keamanan digital agar anda tidak dirugikan.

  • Bertransaksi dengan bertanggung jawab

Media digital juga memungkinkan seseorang untuk melakukan perdagangan dan transaksi. Maka gunakanlah dengan bertanggung jawab. Jangan sampai memperdaya dan menipu orang lain. Anda juga jangan sampai terperangkap dengan tipu daya orang lain di media sosial.