Jika anda suka menulis, pernahkan anda berada dalam kondisi tak bisa menulis dan mengejawantahkan ide-ide kreatif yang anda miliki? Peristiwa ini disebut dengan writers block.

Ada banyak penyebab mengapa seorang panulis bisa mengalami writers block. Bisa jadi anda sedang kelelahan menghadapi hari-hari anda, sehingga melihat papan ketik saja rasanya sudah memusingkan.

Tak perlu khawatir, jika anda merasa anda dalam keadaan yang stabil dalam menulis namun tetap tak bisa mengeluarkan sepatah kata pun, ikuti beberapa tips untuk mengatasi writers block di bawah ini berdasarkan penyebabnya.

  • Malas

Tak bisa dipungkiri, terkadang rasa malas muncul saat ingin melakukan sesuatu, termasuk untuk menulis. Malas menjadi salah satu faktor kegagalan dalam mencapai sesuatu. Maka jangan sampai karya dan tulisan terbaik anda tak jadi ditulis hanya karena kemalasan.

Buat jadwal yang pasti agar anda tidak termakan kemalasan. Jika anda tidak memiliki jadwal teratur dan target tulisan, maka kemalasan dapat menggerogoti hari-hari anda. Anda bisa memanfaatkan kemalasan untuk proses pengisian energi sebelum kembali menulis.

  • Tidak percaya diri dan takut

Tak percaya diri menjadi salah satu penyebab pada akhirnya ide yang ada di kepala sekadar menjadi ide belaka, tak pernah tersampaikan lewat rangkaian kata-kata. Tak perlu takut dan tidak percaya diri dengan karya buatan anda.

Ketika anda menulis, berpikirlah bahwa tulisan tersebut dilahirkan demi kepuasan diri anda, bukan untuk orang lain. Ketika anda berpikir dengan cara tersebut, maka anda tak lagi takut dan tidak percaya diri.

  • Menuntut kesempurnaan

Seseorang pernah berkata bahwa pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang selesai. Jika tuntutan-tuntutan untuk menghasilkan tulisan yang sempurna hanya akan membuat anda menunda dan tak menulis, maka hal tersebut lebih merugikan.

Tak perlu terlalu menuntut kesempurnaan. Langsung tuangkan segala ide yang ada di dalam kepala, dan tulislah.

  • Adanya gangguan

Beberapa penulis memiliki kenyamanan tersendiri dalam menulis. Ada yang menyukai situasi sepi dari gangguan suara televisi, ada juga yang tetap bisa nyaman dan tetap fokus pada situasi tersebut. Identifikasi dan sesuaikan suasana menulis dengan preferensi anda. Jangan sampai gangguan membuat anda menunda untuk menulis dan akhirnya tulisan anda tak pernah lahir.

  • Tidak ada ide

Anda pasti pernah merasa sedang bersemangat dalam menulis, namun tak ada satu pun ide yang melintasi kepala anda. Tak perlu khawatir, hal ini bisa diakali dengan terus menulis apapun. Anda bisa menulis bagaimana anda melewati hari. Atau anda juga bisa menulis bagaimana perasaan anda. Tulislah semuanya. Maka ide tersebut nantinya akan muncul dengan sendirinya.

  • Kurangnya wawasan

Dengan banyak menulis, maka seseorang perlu juga untuk banyak membaca. Ketika anda sudah memiliki ide dalam menulis, namun anda masih merasa banyak aspek yang kurang dalam tulisan anda, anda bisa beristirahat dan lebih banyak membaca.