Saat menjadi orang tua, mungkin memiliki hobi yang dapat dilakukan merupakan keuntungan tersendiri. Meski begitu, ada juga orang tua yang kesulitan untuk melakukan hobinya. Waktu luang yang seharusnya dibuat untuk bersenang-senang kini harus diluangkan untuk bekerja, merawat rumah, maupun merawat si kecil.

Tak perlu khawatir, di tengah kesibukan tersebut, anda masih bisa mengusahakan diri untuk menemukan hobi yang anda senangi, meski tak seleluasa ketika hidup sendiri. Cobalah lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Temukan kesukaan dan pilih sebagai hobi

Langkah pertama untuk menemukan hobi anda di tengah kesibukan adalah membuat daftar hal-hal yang anda sukai. Ketika membuat daftar, jangan sembarangan melatakkan semuanya. Tetap sesuaikan dengan waktu yang anda miliki dan budget yang anda punya.

Anda harus mengira-ngira, dalam sehari, kira-kira berapa lama durasi waktu untuk melakukan hobi tersebut. Begitu juga untuk finansial anda. Anda juga harus menyesuaikan hobi anda dengan kemampuan yang anda miliki. Anda sudah harus pintar mengelola finansial keluarga anda. Ketika sudah mempertimbangkan dan membuat daftarnya, pilih beberapa yang akan anda tekuni. Pilih juga hobi yang bisa anda lakukan di dalam rumah.

  • Pilih hobi yang tak membutuhkan komitmen yang besar

Beberapa hobi memerlukan tanggung jawab yang besar. Jika anda sibuk merawat si kecil, maka pilih hobi yang tak banyak membutuhkan komitmen.

Sebagai orang tua, anda mungkin akan menemui hal-hal mendesak untuk keluarga anda. Hal itulah yang menjadi alasan besar poin ini. Pilih hobi yang tidak masalah jika sewaktu-waktu tidak anda lakukan, dan tidak merugikan orang lain jika tidak dilakukan.

  • Komunikasikan dengan pasangan

Kunci dari kesehatan hubungan dalam keluarga salah satunya adalah dengan komunikasi. Komunikasikan dengan pasangan tentang apa yang anda mau dan cari jalan terbaik untuk melakukan hal tersebut tanpa beban.

Hal ini juga termasuk waktu yang akan anda luangkan demi memenuhi hobi, agar pasangan anda mengerti dan dapat memberikan kebebasan untuk anda. Atau anda juga dan pasangan bisa melakukan beberapa hal secara bergantian.

  • Lakukan hobi anda ketika si kecil sibuk

Ketika si kecil sedang sekolah, kursus, atau bermain di rumah tetangga, anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hobi anda. Jangan sampai anda mengabaikan si kecil.

  • Libatkan keluarga di dalamnya

Banyak pilihan hobi yang bisa anda lakukan. Yang paling seru, ketika anda memilih hobi yang bisa melibatkan seluruh anggota keluarga. Meski tak bisa dilakukan sering, namun waktu untuk keluarga tentu sangat berharga.

Misalnya anda memilih berolahraga, maka ajak si kecil dan pasangan untuk ikut berolahraga.