Jika anda seorang mahasiswa yang tinggal di rumah sendiri, kenyamanan hidup akan anda temui, sehingga tak perlu repot mengelola keuangan untuk makan, karena semuanya telah tersedia. Akan berbeda jika anda seorang mahasiswa yang merantau dan tinggal di kos-kosan. Jauh dari orang tua, biaya makan pas-pasan, dan melakukan segala hal sendiri, adalah mutlak bagi anda.

Mahasiswa yang dinggal di kos-kosan tidak sedikit yang bekerja sambil kuliah. Tentu tidak mudah membagi waktu untuk belajar dan bekerja. Namun, jika anda tidak bisa melakukan kerja sampingan, anda hanya bisa menekan pengeluaran dan berhemat. Jika ingin berhemat tapi tetap dapat menikmati hari-hari di kampus, anda bisa mencoba hal-hal berikut.

  • Buat budget harian

Budget harian sangat penting untuk anda catat. Tentukan apa saja kebutuhan wajib yang harus dikeluarkan hari ini. Misalnya, makan 3 kali sehari dengan budget yang cukup. Cara ini untuk mencegah agar anda tak kalap mata ketika melihat sesuatu yang menarik namun tak berada dalam jangkauan budget anda.

  • Pinjam buku

Buku merupakan elemen penting untuk seorang pelajar. Lewat buku, semua sumber ilmu ada di situ. Namun tak bisa dipungkiri bahwa buku kuliah bisa dikatakan cukup fantastis. Maka dari itu, manfaatkan perpustakaan maupun ruang baca di departemen anda. Pinjam buku yang bisa dipinjam. Anda juga bisa meminjam e-book. Tak perlu repot-repot merogoh kocek.

  • Gunakan kendaraan seperlunya

Membawa kendaraan akan membuat anda mengeluarkan biaya lebih untuk bahan bakar dan servisnya. Jika tempat tinggal anda jauh, anda bisa memilih kendaraan yang lebih hemat. Jika ada pilihan antara mobil atau motor, sebaiknya gunakan motor agar pengeluaran lebih murah.

Jika tempat tinggal anda dekat, anda bisa berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Selain tidak butuh banyak pengeluaran, anda bisa sekaligus berolahraga tiap hari.

  • Tak perlu memiliki peliharaan

Memiliki peliharaan tak hanya membutuhkan waktu, namun juga menguras dompet. Apalagi jika anda seorang mahasiswa yang sibuk. Daripada peliharaan anda terlantar, lebih baik anda tidak memilikinya.

Budget untuk perawatan peliharaan dan makanannya bisa anda alokasikan untuk kebutuhan primer atau ditabung.

  • Cari diskonan

Jangan khawatir soal diskon. Banyak e-commerce yang menyediakan diskon bagi penggunanya. Tinggal anda yang harus pandai mencari dan menggunakannya.

  • Bawa bekal dan masak sendiri

Mungkin hal ini terdengar merepotkan, namun memasak makanan sendiri akan menekan biaya anda dalam urusan makanan. Setidaknya anda bisa membawa bekal nasi sendiri, dan membeli lauk pauk di kantin bersama teman-teman.

  • Cari hiburan gratis

Siapa bilang hiburan yang menyenangkan harus mahal? Anda bisa memilih hiburan gratis dan murah seperti berjalan-jalan di wisata alam. Anda juga bisa melakukan window shopping tanpa harus membeli barang, hanya untuk memanjakan mata.