ZONAUTARAEA.com – Dalam kondisi serba remote, pemasukan anda mungkin lebih kecil dari biasanya. Pekerjaan pun banyak yang berkurang. Mungkin anda terpikirkan bisnis apa yang membuat anda fleksibel dalam melakukannya. Maka jawabannya adalah bisnis online rumahan.

Mungkin anda sedang sibuk melakukan pekerjaan penuh waktu anda. Maka bisnis online rumahan dapat dilakukan ketika anda sudah senggang dengan waktu anda. Anda pun bisa mengatur jadwal sendiri kapan anda bisa fokus kepada bisnis anda.

Jika anda belum mengerti bagaimana memulai bisnis online rumahan, maka simak tips berikut ini.

1. Pelajari sistem bisnis online

Hal pertama yang anda lakukan tentu belajar terlebih dahulu. Ketahui bagaimana sebuah bisnis online rumahan. Anda bisa mempelajarinya dari buku, internet, mengikuti seminar, maupun dari pengalaman teman anda.

Pelajari sistem dari e-commerce, bagaimana penjual menjual barangnya, mempromosikannya, hingga bagaimana barang sampai ke pembeli.

Belajar sebagai langkah awal agar anda tidak asing dengan apa yang terjadi di sana. Ketika anda sudah membiasakan diri dengan bagaimana sistem bisnis online berjalan, anda bisa melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Buat rencana bisnis

Rencana bisnis atau business plan sangat penting dalam memulai bisnis apapun. Anda pun harus memilikinya. Tentukan barang apa yang ingin anda jual, sesuaikan dengan kemampuan anda dalam memproduksi atau mendistribusikannya. Sesuaikan pula dengan minat konsumen terhadap barang.

Untuk melakukan riset pasar, anda bisa membuat survey dengan pengguna internet, barang apa yang sering ia belanjakan. Anda juga bisa melakukan riset dengan orang-orang terdekat anda. Bisa juga dengan melihat beberapa e-commerce, barang apa yang banyak dicari oleh orang-orang.

Anda juga harus menentukan modal awal dalam berbisnis. Modal awal tentu sangat penting dalam keberadaan barang anda. Jika tidak sesuai dengan budget, maka itu akan menjadi boomerang bagi anda.

3. Pastikan bisnis aja benar-benar bisa dikerjakan dari rumah

Ada banyak jenis bisnis, dan beberapa tak bisa dikerjakan dari rumah. Jika anda ingin membuka bisnis rumahan, maka pastikan bahwa segala proses yang mengiringi bisnis anda dari penerimaan barang hingga barang sampai di tangan pelanggan, bisa sampai di rumah.

4. Promosi

Promosi menjadi aspek sangat penting dalam menjalankan bisnis rumahan anda. Mulailah merancang promosi apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengenalkan produk anda.

Bisa lewat website, e-commerce, konten yang menitik beratkan pada SEO, sosial media. Semakin besar jangkauan promosi anda, maka semakin besar pula kemungkinan produk anda dilihat oleh banyak orang.