ZONAUTARA.com – Kegiatan belajar daring di rumah memang menjadi PR tersendiri bagi guru. Siswa akan lebih mudah terdistraksi oleh banyak hal di rumahnya dari pada di lingkungan sekolah dan ruang kelas yang kondusif.

Guru pun tak bisa mengontrol secara langsung bagaimana kondisi murid siswa. Yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan kegiatan mengajar daring. Maka dari itu, lakukan beberapa hal ini untuk membantu siswa lebih fokus saat belajar dari rumah.

1. Beri kisah menarik sebelum memulai kelas

Sebelum memulai kelas, jangan langsung menyampaikan materi berat yang akan membuat siswa bosan. Anda bisa memberi trivia atau kisah-kisah menarik yang akan membuat siswa memusatkan perhatiannya kepada anda.

Anda bisa mencari kisah-kisah menarik yang berhubungan dengan kelas yang anda mulai. Ketika anda akan memulai pelajaran sains, anda bisa memulai dengan fakta-fakta unik sains yang tak banyak diketahui.

Buat impresi awal siswa dalam kelas daring langsung fokus ke anda. Agar selanjutnya mereka akan selalu melakukannya.

2. Lakukan pemanasan kreatif dalam materi pembelajaran

Sebelum memulai pembelajaran, anda bisa memberi pemanasan-pemanasan kreatif. Seperi menceritakan tugas membuat jurnal yang anda berikan minggu lalu, atau anda bisa menyediakan dua gambar dan biarkan murid anda mencari perbedaannya.

Hal-hal kreatif ini akan membuat siswa lebih fokus ke anda sebelum memulai pelajaran yang sesungguhnya.

3. Buat gerakan badan

Anda juga bisa membuat gerakan-gerakan badan untuk memfokuskan siswa. Jika anda merasa di tengah proses belajar mengajar siswa mulai tidak fokus, beri perintah siswa anda untuk berdiri dan melakukan gerakan bersama.

4. Beri ruang khusus untuk interaksi antar siswa

Interaksi antar siswa akan membawa hawa segar dalam ruang kelas. Anda bisa membuat breakout room untuk murid dengan kelompok masing-masing.

Di tiap ruangan, beri topik untuk mereka dan biarkan mereka mendiskusikan dan menyampaikan pendapatnya satu sama lain.

5. Beri progress belajar untuk murid anda

Ketika anda memahami bagaimana progress murid anda dan menyampaikannya, maka siswa akan lebih merasa diperhatikan dan diwasai. Dengan cara ini, mereka kaan lebih fokus belajar.

Anda juga harus terbuka dengan komunikasi antar murid maupun antar orang tua murid. Karena progress belajar siswa juga sebaiknya diketahui orang tua sebagai pendamping utama siswa saat berada di rumah.

6. Tak hanya siswa, orang tua juga sebaiknya paham dengan teknologi

Anda perlu untuk memberi pengertian kepada orang tua bagaimana teknologi yang digunakan saat berada dalam kelas daring, agar mereka dapat mengawasi siswa ketika belajar di rumah. Peran orang tua sangat penting karena merekalah yang berhubungan langsung dengan kegiatan belajar siswa.