ZONAUTARA.com – Membaca merupakan salah satu hobi yang menyenangkan bukan? Seseorang dapat memiliki preferensi bacaan yang berbeda-beda. Bisa buku motivasi, self help, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya. Membaca cerita fiksi pun menjadi salah satu yang menyenangkan.

Banyak yang mempertanyakan apakah manfaat sebenarnya ketika membaca fiksi? Jika membaca buku lainnya, anda mungkin akan langsung merasakan manfaatnya, seperti pengetahuan tentang keilmuan tertentu yang bertambah, semakin termotivasi, dan yang lain.

Padahal, membaca cerita fiksi juga memiliki manfaat yang menguntungkan lho untuk kita? Simak manfaatnya berikut ini.

1. Meringankan stress

Sama seperti membaca buku jenis lainnya, membaca buku fiksi dapat meringankan stress. Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti di the University of Sussex, hasilnya mengatakan bahwa membaca merupakan cara efektif untuk menurunkan stress, mengalahkan metode lainnya yaitu mendengarkan musik dan jalan-jalan.

Dalam penelitiannya, membaca selama enam menit dalam hati membuat detak jantung melambat dan ketegangan pada otot mereda hingga 68%. Dari situ, ilmuan percaya bahwa membaca dengan fokus, dapat meringankan stress.

2. Meningkatkan empati

Saat membaca cerita fiksi, kita memang tidak pernah melakukan kejadian-kejadian yang ada dalam cerita. Namun lewat cerita fiksi, kita dituntun untuk masuk ke dalam cerita dan menggunakan sepatu para tokoh di situ.

Kita akan diberi pengalaman yang tak pernah kita lakukan di dunia nyata dengan sebuah cerita fiksi. Bagaimana perasaan, keputusan yang diambil, kita akan berusaha mengerti bahkan berempati pada para tokoh di dalamnya.

3. Membantu anda tidur

Membaca merupakan salah satu cara yang baik untuk tidur. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dengan hobi membaca memiliki kebiasaan tidur yang baik dan siklus tidur yang baik pula.

Pola tidur yang baik dan waktu yang cukup tentu akan membantu meningkatkan kesehatanmu.

4. Membuat pikiran terbuka

Banyak hal dalam cerita fiksi yang tak pernah kita alami. Dengan membaca cerita fiksi, kita bisa mengetahui banyak karakter, watak, serta bagaimana cara mereka mengambil keputusan.

Dari situ, kita akan semakin terbuka pada berbagai banyak keputusan yang dibuat oleh orang lain. Selain itu, pengetahuan yang disampaikan dalam cerita fiksi tentu akan membuka pengetahuan kita lebih lebar lagi.

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Karena berbentuk kata-kata, anda akan belajar bahasa tertentu saat membaca cerita fiksi. Dengan diksi yang elok dan pemilihan majas yang tepat, dapat membuat kita meningkatkan perbendaharaan kata.

6. Simulasi dari kehidupan nyata

Banyak cerita fiksi yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari. Jika anda belum pernah menemui kisah seperti yang cerita anda sampaikan, tak masalah.

Anda bisa memiliki gambaran bahwa di dunia ini, bisa jadi ada cerita seperti itu. Dan ketika suatu saat anda mengalaminya, anda sudah bersiap-siap dengan keputusan yang tepat yang anda ambil karena telah mengalami simulasinya di cerita fiksi.