Menjadi ahli dalam suatu bidang memang sangat diimpikan siapa pun. Anda pun bisa menjadi ahli, sesuai bidang yang anda minati.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan skill. Cara yang paling sering digunakan adalah praktik secara terus menerus.

Namun, ada beberapa cara yang ditawarkan oleh Andres Ericsson, penulis buku Peak: Secrets From The New Science of Expertise, bagaimana menjadi master dalam bidang tertentu, yang bisa kalian coba terapkan.

  • Pahami bidang tujuan dengan spesifik

Ingin belajar memainkan alat musik, atau belajar melukis, dan skill lainnya? Anda harus menentukan bidang tujuan sedari dini sebelum memutuskan untuk mempelajarinya.

Selain itu, anda perlu menetapkan keahlian spesifik yang ingin anda kuasai. Misalnya, anda ingin pandai menulis, maka jenis tulisan apa yang anda targetkan untuk dikuasai. Apakah penulisan jurnalistik, cerita puisi, prosa, atau jenis yang lainnya.

  • Buat rencana latihan

Seperti yang telah disebutkan, keahlian tidak bisa dicapai hanya dengan melakukan suatu hal berulang-ulang tanpa melakukannya dengan benar. Maka dari itu, selipkan waktu luang untuk anda berlatih dan buat jadwal yang teratur beserta target-targetnya.

  • Beri perhatian penuh di setiap bagian

Berlatih secara pasif tidak akan membawa anda menuju keahlian master. Anda perlu untuk memperhatikan setiap detail hal-hal yang anda pelajari.

Jangan pula melakukan sesuatu dengan multitasking atau melakukan banyak hal dalam satu waktu. Pelajari satu per satu. Ketika satu masalah selesai, anda bisa berpindah ke yang lain.

  • Konsultasikan ke seorang master

Ketika anda melakukan semuanya sendiri tanpa seorang master, anda mungkin tidak tahu di mana kekurangan dan kesalahan yang anda lakukan. Maka, konsultasikan hasil latihan anda kepada seorang master atau mentor.

Dengan memilih mentor, anda bisa mengembangkan diri lebih banyak lagi dari segi cara berlatih dan hasil latihan anda. Seorang mentor juga akan memberi anda masukan sehingga anda akan lebih baik tiap harinya.

  • Keluar dari zona nyaman anda

Tak ada seseorang yang menjadi master jika mereka melakukan sesuatu di satu tempat dan itu itu saja. Anda harus beberapa langkah lebih maju dari langkah yang biasa anda ambil. Dengan mendobrak zona nyaman, anda akan menemukan inovasi dan melihat hal-hal yang lebih besar lagi di depan.

  • Jangan sampai kehilangan motivasi

Motivasi adalah salah satu hal yang mendorong anda untuk terus maju dan mencapai tujuan anda. Baik motivasi dari dalam diri maupun di luar diri, anda harus tetap mempertahankannya hingga akhir. Ketika anda kehilangan motivasi, maka sekuat apapun anda berlatih, anda mungkin akan melakukannya dengan setengah hati sehingga sulit untuk mencapai keahlian dan menjadi seorang master.