ZONAUTARA.com – Jumlah Kabupaten/Kota Jawa-Bali yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sebanyak 25 kabupaten/kota, sedangkan perpanjangan berlaku hingga 6 September 2021 mendatang.

Penurunan tersebut lantaran perkembangan penanganan Covid-19 di pulau Jawa-Bali cukup baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers melalui siaran di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (30/8) kemarin.

Sementara, wilayah yang berada di PPKM level 3 bertambah dari 67 menjadi 76 kabupaten/kota. Lalu, untuk PPKM Level 2 bertambah dari 10 daerah menjadi 27 kabupaten/kota.

“Level 3 dari dari 67 kabupaten/kota menjadi 76 kabupaten/kota. Level 2 dari 10 kabupaten/kota menjadi 27 kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, kata Jokowi, PPKM Level 4 di luar Jawa-Bali juga menurun dari 104 daerah menjadi 85 kabupaten/kota yang tersebar di 4 provinsi.

Kemudian untuk PPKM Level 3 turun menjadi 232 kabupaten/kota dari 234 pada pekan lalu. Sedangkan, wilayah PPKM Level 2 naik menjadi 68 dari semula 48 kabupaten/kota. Begitu pula dengan PPKM Level 1, dari nihil pada pekan lalu menjadi satu kabupaten/kota.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan tingkat positivity rate menurun dalam sepekan terakhir. Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit Covid-19 juga menurun dalam seminggu terakhir, dengan rata-rata 27 persen.

“Penetapan prokes sudah memperlihatkan hal baik. Pemerintah melakukan penyesuaian oleh Menko dan Menteri terkait. Meski demikian kita berhati-hati dalam menyikapi tren ini,” kata Jokowi.

Pemerintah secara bertahap mulai membuka pembatasan sejumlah sektor. Mulai dari tempat peribadatan, sekolah, pusat perbelanjaan. Pembukaan sejumlah sektor tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Di sisi lain, selama PPKM sepekan terakhir, Jawa Timur masih mendominasi tingkat penyebaran kasus Covid-19 secara nasional, mulai dari kasus positif, kematian, dan sembuh.

Secara total, kasus positif Covid-19 di Jawa dan Bali selama sepekan terakhir mencapai 46.151 kasus. Penurunan kasus terutama terlihat mulai Kamis (26/8), dengan rata-rata kasus di bawah 10 ribu.

Sebelumnya, terdapat 51 kabupaten/kota dari tujuh provinsi di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 4, dan 67 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM Level 3 pada sepekan terakhir.

Kemudian, 8 daerah lainnya yang menerapkan PPKM Level 2, mayoritas berada di Jawa Barat.

Jawa Timur menjadi provinsi dengan daerah level 4 terbanyak, yaitu 19 kabupaten/kota. Sedangkan Jawa Barat menjadi provinsi dengan daerah level 3 paling banyak, yaitu 19 kabupaten/kota.

Sementara, kabupaten/kota yang berada di luar pulau Jawa seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua sebanyak 34 masih melangsungkan PPKM level 4 hingga 6 September mendatang.