ZONAUTARA.com – Film Affliction atau Pulang merupakan film thriller horor Indonesia yang telah tayang sejak 21 Januari 2021 lalu, di platform streaming Netflix

Sebuah karya dari Teddy Soeriatmadja yang dibintangi oleh Raihaanun, Ibnu Jamil, Tutie Kirana, serta Dea Panendra. 

Affliction atau Pulang menceritakan tentang sepasang suami istri bernama Nina (Raihaanun) dan Hasan (Ibnu Jamil), yang harus merawat Bunda yang menderita alzheimer. 

Hasal merupakan seorang psikolog yang meninggalkan kampung halaman dan tinggal di kota bersama istri dan anaknya, dan Nina seorang wanita yang kini merasa terpukul karena baru saja ditinggal oleh ibunya yang tewas bunuh diri. 

Dalam masa berkabungnya, Nina didatangi oleh Narsih (Dea Panendra) yang mengaku sebagai pengasuh Bunda (Tutie Kirana) yang merupakan ibunya Hasan. Ia mengatakan kalau Bunda menderita alzheimer, dan ia menyatakan ingin berhenti karena sudah tidak sanggup lagi menghadapi perilaku Bunda yang aneh. 

Hal ini membuat Nina kaget, pasalnya selama ini Hasan mengaku dirinya sudah tidak mempunyai orang tua lagi. 

Nina mempunyai ide membawa Bunda ke kota untuk tinggal bersama mereka. Namun ide itu ditentang oleh Hasan, seolah ada hal yang ditutup-tutupi Hasan terkait ibu kandungnya itu. 

Karena itu, Nina mengajak Hasan untuk pulang ke kampung halamannya menemui Bunda. Awalnya Hasan enggan melakukannya. Namun, Nina berhasil membujuknya untuk pulang sejenak ke kampung halaman menemui Bunda untuk membujuknya tinggal di kota. 

Akhirnya, Hasan membawa Nina dan kedua anaknya ke kampung halamannya. Sesampainya disana, Hasan harus kembali lagi ke kota untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tinggallah disana Nina bersama dua anaknya Rian (Abiyyu Barakhbah) dan Tasha (Tasya Putri). 

Poster Affliction / Sumber : Instagram bioskopdirumahaja

Di sana, Nina menemukan Bunda dalam kondisi linglung dan sedikit pikun. Dan banyak kejadian aneh terjadi di rumah tersebut, termasuk dengan kelakuan Bunda yang kadang tidak masuk akal. 

Ternyata, selama ini Bunda bisa melihat makhluk-makhluk tak kasat mata. Bahkan warga sekitar menganggap Bunda sakit jiwa karena sering histeris. 

Nina lantas mencoba mengungkap misteri yang menyelimuti ibu mertuanya itu. Hingga, ada saat di mana Nina tanpa sengaja melihat kehadiran Narsih dan mendapati adanya kasus anak hilang puluhan tahun yang lalu. 

Kasus apakah itu? Dan apakah ada hubungannya kasus tersebut dengan masa lalu Bunda dan Hasan? 

Saksikan kisah lengkapnya dalam film Affliction yang tayang di platform streaming Netflix.