ZONAUTARA.COM — Penampilan terbaru Kim Jong-un menarik perhatian publik. Saat tampil di depan publik, pada Senin (30/08/2021), Pemimpin Korea Utara (Korut) tersebut terlihat lebih kurus, kulit mengendur dan jaketnya nampak longgar.

Dilansir dari Reuters, Kim tampil di media TV pemerintah untuk merayakan peringatan hari Pemuda Korea Utara. Ia terlihat berjalan di depan ratusan anak-anak sekolah yang memenuhi tribun.

Saat Kim melambaikan tangan dan tersenyum, anak-anak perempuan terlihat menangis, sementara yang laki-laki bertepuk tangan dengan antusias. Mereka juga meneriakkan “Kim Jong Un.”

Dalam perayaan itu, Kim juga berfoto dengan ribuan pemuda Korea Utara. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, karena saat dia berada di acara lain, dia tak ikut foto bersama.

Kim mengungkapkan keprihatinan atas pemuda yang tidak puas dan terpengaruh budaya dari asing, demikian menurut media pemerintah Korut, KCNA, dalam surat yang diterbitkan untuk Hari Pemuda.

Kim juga berterima kasih kepada para pemuda muda yang setia kepada partai dan mendorong generasi muda untuk menjadi “penerus yang dapat diandalkan” partai.

“Kondisi ideologis dan mental anak muda kita sangat baik karena mereka selalu menanggapi panggilan negara dengan kesetiaan yang kuat,” kata Kim, dikutip dari NK News, Senin (30/082021).

Spekulasi mengenai kesehatan Kim memaksa pemerintah melarang gosip mengenai berat badannya dan dianggap sebagai ‘tindakan reaksioner.’

Isu itu berhembus setelah foto-foto yang menunjukkan perubahan dramatis yang diperkirakan Kim mengalami penurunan sekitar 44 pon atau 19.9 kilogram.

Menurut analisis situs pemantau kegiatan Korea Utara, 38 North, Kim diduga berhasil menurunkan berat badan dengan pengobatan atau melakukan bedah lambung. Ia juga diduga sengaja menurunkan berat badan demi menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Juli lalu, Kim Jong Un juga dikabarkan terlihat mengenakan perban di bagian belakang kepala. Hal ini menimbulkan teka-teki atas kesehatan pemimpin Korut itu.