ZONAUTARA.com – Jika anda suntuk dan terlalu menghabiskan banyak waktu di rumah dan kantor saja, maka berwisata merupakan solusi yang tepat untuk mendinginkan kepala.

Namun, berwisata dengan cara yang biasa-biasa saja, persiapan matang, barang bawaan banyak, rasanya kurang menantang. Anda bisa mencoba hal yang baru dengan berwisata secara spontan dan tanpa persiapan yang terlalu matang, baik dengan kawan atau melakukannya sendirian.

Berikut merupakan tips berwisata secara spontan, tanpa persiapan matang.

1. Pilih lokasi sentral wisata

Dalam memilih destinasi wisata, tentukan lokasi yang merupakan sentral wisata. Dengan memilih lokasi sentral wisata, anda tak perlu repot-repot pergi ke tempat yang bisa jadi bukan tempat yang layak untuk dikunjungi.

Seperti peribahasa sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, lokasi sentral akan menyediakan tempat kunjungan tak hanya satu saja. Dan anda bisa berpindah-pindah dengan jarak yang tak terlalu jauh.

2. 1 hari 1 lokasi

Tips ini bisa anda lakukan dalam melakukan wisata spontan. Kunjungi satu destinasi wisata utama. Sisanya, anda bisa duduk duduk menikmati udara di sana, dan makanan khasnya. Nikmati suasana orang-orang berlalu lalang dengan menyisip kopi dari balik jendela café.

3. Tak perlu membawa banyak barang

Berwisata secara spontan cukup hanya membawa sedikit barang-barang saja. Seperti dompet, kartu, baju secukupnya, handphone, dan alat-alat penting lainnya. Sisanya, anda bisa melakukannya secara spontan dalam perjalanan. Perjalanan anda akan lebih menyenangkan dengan cara ini.

4. Gunakan instingmu

Saat menjelajahi tempat wisata, insting anda sangat penting untuk menunjukkan arah ke mana destinasi selanjutnya tertuju. Tak perlu susah-susah mencari review di Google karena hal itu akan mengurangi penggunaan instingmu.

5. Tanyakan pada warga setempat

Anda juga bisa menanyakan destinasi yang layak dikunjungi ke warga setempat. Tanyakan pada warga makanan yang bisa dikunjungi, dan pusat perbelanjaan oleh-oleh yang bisa anda singgahi.

6. Bersiaplah untuk tersesat

Tantangan paling menegangkan saat berwisata adalah ketika anda tersesat. Maka, terbukalah pada kemungkinan jika anda tersesat. Persiapkan barang-barang dan diri anda jika mengalaminya. Seperti peta atau sinyal untuk menghubungi orang lain. Jangan sampai anda tersesat dan bingung dalam menghadapinya.

7. Fleksibel pada perubahan rencana

Wisata tanpa rencana pasti akan mengalami banyak spontanitas dan perubahan. Maka bersiaplah dengan kemungkinan adanya perubahan, dan nikmati perjalananmu.

8. Pastikan membawa cukup biaya untuk kondisi darurat

Jangan sampai anda bingung mencari uang ketika berada dalam keadaan darurat. Apalagi jika berwisata spontan sendirian. Maka siapkan biaya lebih untuk berjaga-jaga.