Komnas HAM tetapkan tanggal tewasnya Munir jadi hari perlindungan pembela HAM

Kontributor
Penulis Kontributor
Munir Said Thalib (Foto: Instagram / museum_ham_munir)



ZONAUTARA.com – Tanggal 7 September merupakan tanggal peristiwanya dibunuhya aktivis HAM Munir Said Thalib. Kejadian itu terjadi 17 tahun lalu pada 2004.

Berkenaan dengan hal tersebut, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menetapkan hari ini, tanggal 7 September sebagai Hari Perlindungan Pembela HAM.

Keputusan bulat yang ditetapkan saat rapat paripurna tersebut disetujui secara mutlak oleh seluruh anggota paripurna, tanpa seorangpun menolak.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Selasa (7/9).

“Hasil rapat paripurna Komnas HAM, 7 September 2021 memutuskan dengan bulat untuk menjadikan 7 September menjadi hari perlindungan pembela HAM Indonesia,” papar Ahmad.

Ahmad menyatakan Munir adalah salah satu representasi dari pembela HAM yang berani dan teguh akan pendirian. Selain itu, Ahmad juga menyebut beberapa aspek lain juga menjadi pertimbangan mengapa Munir dipilih.

“Seorang pejuang yg sangat teguh terhadap pendiriannya dalam memperjuangkan HAM dari semua aspek. Bicara hak berekspresi, kebebasan berpendapat, kekerasan di Papua dan Aceh, buruh dan lain-lain,” ucapnya.

Terlepas dari itu, kata Ahmad, penetapan itu tak menghilangkan rasa hormat terhadap pejuang HAM yang lainnya. Ia menyebut Munir hanyalah salah satu dari banyaknya pembela HAM di Indonesia.

“Saudara Marsinah, Jafar Siddiq Hamzah pejuang HAM di Aceh, Papua dan seluruhnya kita hormati,” ucap dia.

Selain itu, Ahmad juga mengatakan dari hasil rapat paripurna, Komnas HAM juga membuat Standar Norma Pengaturan (SNP) Perlindungan tentang Pembela HAM.

Dikarenakan Komnas HAM merupakan satu-satunya lembaga negara yang bergerak di bidang HAM, maka SNP ini harus dijadikan sebagai guideline bagi semua pihak dalam bidang HAM.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com