7 cara agar anda selalu mengingat nama seseorang

  • Share
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.comNama merupakan sebuah identitas yang menggambarkan seseorang. Mengingat nama orang lain dapat membuat mereka merasa penting dan berarti. Namun, beberapa orang sulit untuk mengingat nama. Apalagi jika ia memiliki banyak kenalan dan bertemu banyak orang tiap harinya.

Beberapa orang bisa mengingat nama dan wajah, namun sulit untuk menggabungkan keduanya. Sebuah studi dengan judul Face Recognition: Cognitive and Computational Processes menyantumkan bahwa manusia lebih mudah untuk mengingat wajah daripada angka dan huruf, termasuk nama.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika sulit untuk mengingat nama orang lain.

1. Tulis namanya di buku catatan

Cara paling mudah untuk mengingat nama orang adalah dengan mencatatnya. Apalagi jika anda melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan identitas orang lain. Catat namanya dan informasi lainnya seperti pekerjaan dan tempat tinggal jika ada.

Baca Pula:  Cara membaca cepat menggunakan teknik Skimming

2. Perjelas namanya

Saat anda berkenalan dengan seseorang, mungkin ia memiliki nama yang sulit diucapkan. Agar anda bisa mengingatnya, mintalah ia untuk mengeja namanya tiap huruf. Mengeja namanya akan membantu anda untuk lebih mengingat namanya.

3. Visualiasikan namanya di dahinya

Beberapa orang lebih ingat jika memvisualiasikan huruf di pikirannya. Anda bisa memvisualisasikan namanya di dahi orang tersebut dan tanamkan identitasnya di pikiran anda.

4. Hubungkan dengan wajahnya

Masalah yang sering dijumpai orang lain adalah ketika mengingat wajah, namun tak ingat dengan namanya. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, saat pertama kali berkenalan, hubungkan namanya dengan fitur di wajah atau fisiknya.

Misalnya, Nina dengan tahi lalat di hidungnya, Anton dengan lesung pipinya, atau Gita yang tinggi. Hal tersebut akan mempermudah anda untuk mengingat-ingat identitas seseorang.

Baca Pula:  Tips menyeimbangkan kerja paruh waktu selagi kuliah

5. Hubungkan dengan beberapa hal lain

Saat melakukan perkenalan, anda bisa menghubungkan namanya dengan suasana yang ada di sekeliling anda. Anda juga bisa menghubungkannya dengan latar belakangnya seperti jurusan kuliah, pekerjaan, dan lain-lain.

Jadi, ketika suatu hari anda bertemu dengannya, anda juga bisa mengingat-ingat hal lain dari identitasnya, tak hanya namanya. Yang mana ini akan sangat membantu anda dalam mengingat presensi seseorang.

6. Ulangi namanya beberapa kali

Mengulangi namanya beberapa kali dan mengingat-ingatnya akan membuat ingatan anda lebih tajam terkait dengan namanya.

7. Praktikkan berulang-ulang

Menghafal nama seseorang butuh latihan berulang-ulang. Tempatkan diri anda di lokasi yang membutuhkan anda untuk mengingat beberapa nama orang agar anda semakin terbiasa.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com