Maksimalkan peluang, UMKM Mimika produksi berbagai produk dari Sagu selama PON XX Papua

Nila Zuhriah
Penulis Nila Zuhriah



ZONAUTARA.com – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Mimika berkesempatan besar mengembangkan usahanya selama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pasalnya, saat perhelatan PON di Papua, banyak pendatang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk itu, pelaku UMKM tersebut membuat inovasi dengan menghadirkan ragam makanan berbahan dasar sumber makanan pokok masyarakat Papua, yakni sagu.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika, Alice Irene Wanma.

“Kemarin mau ajang PON, ini kami coba untuk menciptakan makanan berbahan dasar sagu,” kata Alice Irene Wanma seperti dikutip dari InfoPublik, Minggu (26/9/2021).

Inovasi kuliner berbahan dasar sagu yang diciptakan oleh pelaku UMKM Kabupaten Mimika antara lain Pizza Sagu, Kripik Tempe Sagu, Rempeyek Ikan Teri Sagu, Rempeyek Kacang Sagu, Kripik Keladi Sagu, Es Krim Sagu Rasa Buah Naga, dan Es Krim Sagu Rasa Jeruk.

Sajian unik ini bisa ditemui di sekitar arena PON XX Papua Klaster Mimika, dengan harga jual yang relatif terjangkau yakni berkisar antara Rp20.000 hingga Rp40.000.

“Keunikan ini tidak dimiliki oleh kabupaten atau kota lain di Papua,” kata Alice.

Dari segi rasa, lanjut dia, sajian ini memiliki cita rasa yang cukup enak. Dengan komposisi bumbu yang tepat. “Para pelaku UMKM mampu menyulap sajian kuliner ini memiliki cita rasa khas Papua,” tambahnya.

Sementara itu ditinjau dari sudut gizi, produk ini memiliki kandungan karbohidrat yang lebih baik dari karbohidrat yang terkandung dalam bahan makanan pokok beras.

“Keunggulan produk ini, memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh,” katanya.

Inovasi kuliner yang dibuat oleh para pelaku UMKM ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Mimika dengan membuat kios yang berada di tempat strategis sekitar arena pertandingan PON.

“Jadi kita membantu dalam pengurusan mereka menjadi lebih mandiri, melalui ajang PON ini,” kata Alice.

Menurut dia, dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika dapat membuat para pelaku UMKM menjadi semakin berkembang. Berbagai dukungan mulai dari fasilitas finansial dan pelatihan kerap kali diberikan kepada para pelaku, khususnya untuk menyambut gelaran PON Papua.

Lebih lanjut, produk-produk tersebut akan dipasok di setiap penjuru Kabupaten Mimika, utamanya di setiap sentra oleh-oleh. Tak ketinggalan, di bandara juga akan disediakan etalase khusus.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com