ZONAUTARA.com – Sebagai upaya penguatan penerapan protokol kesehatan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, sebanyak 110 relawan diberi pelatihan.

Pembekalan dan pelatihan protokol kesehatan tersebut digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara, peserta yang mengikuti pelatihan tersebut adalah para relawan yang bertugas di Kabupaten Jayapura.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

“Mereka mendapat pelatihan untuk melakukan penguatan protokol kesehatan dalam perhelatan PON XX di Papua,” kata Abdul dikutip dari siaran pers, Minggu (26/9).

Para relawaan tersebut tergabung dari berbagai organisasi. Dalam pembekalan, mereka diberikan materi soal peningkatan kapasitas terkait protokol kesehatan dan pemanfaatan inaRISK sebagai instrumen pelaporan kegiatan.

“Relawan tersebut nantinya bertugas sebagai duta perubahan perilaku dengan membagikan masker kepada para atlet, pendamping, penonton, dan masyarakat di sekitar venue PON XX,” kata dia.

Menurut Abdul, para relawan tersebut juga nantinya akan mengedukasi soal protokol kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut dilakukan demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 selama pelaksanaan PON XX berlangsung.

Adapun para relawan tersebut akan mulai bertugas dengan turun langsung membagikan masker kepada masyarakat melalui gerakan mobil masker.

Sementara, BNPB sebelumnya juga telah memberikan pelatihan protokol kesehatan kepada relawan yang bertugas di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Saat ini, sedikitnya 500 relawan diterjunkan dalam upaya penguatan protokol kesehatan selama penyelenggaraan PON XX Papua.