ZONAUTARA.com – Fosil merupakan saksi bagaimana sejarah telah dibentuk. Peninggalan-peninggalan dan makhluk yang hidup di masa purba juga dapat diidentifikasi dengan fosil. Namun di dalam lautan yang luasnya tak terhingga, ada beberapa hewan purba yang masih hidup hingga sekarang.

Beberapa hewan purba telah mengalami banyak perubahan dari nenek moyangnya, namun ada juga yang tidak berubah bentuk hingga sekarang.

Dilansir dari oceanconservancy.org, berikut ini hewan laut purba yang masih bisa anda saksikan hingga sekarang.

Frilled shark (Hiu berjumbai) – 80 juta tahun

Hiu berjumbai ditemukan di jurang laut yang gelap. Ia telah bersembunyi di dalam kegelapan selama sekitar 80 juta tahun. Dan selama itu, ia tidak banyak mengalami perubahan.

Dinamai hiu berjumbai karena enam insangnya yang nampak seperti berbulu. Bentuk yang aneh membuat kita lebih mengingat ular daripada seekor hiu.

Namun, hati-hati jika anda menemui ikan ini. Hiu berjumbai memiliki sekitar 300 gigi tajam dan rahang yang berengsel ini akan sangat mudah memangsa makanannya. Biasanya, ia memangsa ikan laut dan cumi-cumi yang besar.

Lamprey – 360 juta tahun

Lamprey telah menyusuri lautan di bumi selama 360 juta tahun lamanya. Ikan ini tidak memiliki tulang seperti lintah dan belut, namun memiliki kerangka tulang rawan.

Lamprey memiliki mulut besar yang berbentuk seperti pengisap dengan gigi yang bertumpuk di tengahnya, sangat mengintimidasi.

Coelacanth – 360 juta tahun

Coelacanth awalnya telah diperkirakan punah sekitar 65 juta tahun yang lalu bersama punahnya para dinosaurus dan coelacanth. Nyatanya, ia ditemukan kembali pada tahun 1938.

Ikan purba ini bisa tumbuh besar hingga berukuran lebih dari 6 kaki. Selain itu, Coelacanth memiliki tengkorak dengan sendi berengsel untuk membuka mulut mereka.

Dengan banyaknya pembangunan pelabuhan, penangkapan liar, dan perubahan iklim, ikan ini terancam kembali punah.

Belangkas (Horseshoe crab) – juta 450 tahun

Belangkas atau kepiting tapal kuda saat ini telah berusia 450 tahun. Ia hidup lebih lama dari dinousaurus dan telah melewati lima kepunahan massal.

Peran pentingnya dalam industry biomedis berasal dari darah birunya yang digunakan untuk membantu mengidentifikasi racun.

Ubur-ubur laut – 500 juta tahun

Hewan cerdas ini terbukti berasal dari 500 juta tahun yang lalu. Fosil mereka sulit untuk ditemukan, namun dapat diawetkan dalam sedimen halus.

Kemampuan beradaptasi dari ubur-ubur laut sangat tinggi. Ia bisa hidup dengan baik di suhu hangat dan zona mati dalam laut.

Nautilus – 500 juta tahun

Nautilus merupakan moluska yang sudah hidup sedari 500 juta tahun yang lalu. Saat ini, hanya ada sedikit spesiesnya yang bertahan hidup di daeran samudera pasifik barat dan pesisir damudera hindia.

Cangkangnya yang cantik dan memiliki berbagai macam warna mengancamnya untuk pengambilan yang berlebihan. Sedangkan tingkat reproduksinya rendah.