ZONAUTARA.com – Entah misteri atau malah komedi, peta di Swiss sering kali memunculkan objek atau simbol yang seharusnya tidak ada. Hal ini telah berlangsung dalam beberapa dekade. Dari gambar marmot, biksu, pesawat terbang, dan lain-lain.

Kantor Topografi Nasional Swiss atau Swisstopo, merupakan lembaga yang sangat serius dengan keakuratan petanya. Namun dalam dekade ini, peta yang seharusnya serius dan kaku telah beralih menjadi kanvas dengan gambar-gambar kreatif oleh para kartografernya.

Kartografer selain bertugas membuat peta, juga memeriksa peta sebelum dipublikasikan. Namun, sudah terhitung banyak kali terjadi kebobolan pada peta yang seharusnya hanya berisi fakta topografi kering.

Misteri pesawat yang muncul-menghilang

Seorang kartografer anonym di Swisstopo memasukkan sebuah pesawat di kota Kloten, banda internasional Zurich pada tahun 1994. Padahal, peta topografi tidak seharusnya memiliki objek pesawat di dalamnya.

Enam tahun berlalu, akhirnya terjadi revisi di tahun 2000 dan pesawat tersebut telah dihapus. Namun tak berselang lama, pesawat tersebut muncul lagi di tahun 2007 di tempat yang sama persis dan hilang lagi di tahun 2013.

Ikan di danau Swiss

Seekor ikan raksasa muncul di danau Swiss pada tahun 1980, dan hilang di tahun 1986. Sosok yang menggambarnya adalah WernerLeuenberger.

Danau yang memunculkan ikan tersebut terletak di Lac de Remoray, danau kecil yang terletak tepat di seberang perbatasan Prancis-Swiss.

Munculnya wanita telanjang di Künten

Sosok abstrak yang mirip dengan gambar wanita telanjang itu memang terinspirasi dari topografi daerah tersebut. namun tidak benar-benar memiliki bentuk demikian. Ia muncul pada tahun 1954 dan hilang pada tahun 2012.

Laba-laba raksasa

Laba-laba raksasa tersebut telah bertahan selama enam tahun di peta Swiss. Ia muncul di tahun 1981 dan telah menghilang di 2018.

Biksu yang terjebak

Bebatuan yang berada di lereng Harder Kulm, sebuah gunung yang letaknya di sekitar Interlaken menginspirasi para kartografer untuk berkreasi.

Susunan batuannya membentuk wajah seseorang dan membuatnya mirip dengan seorang biksu. Friedrich Siegfried, seorang kartigrafer mempertahankan biksu tersebut hingga saat ini. Ia hidup di peta hingga saat ini.

Marmot di dekat Gletser Aletsch

Objek marmot dalam peta produksi Swisstopo merupakan objek aneh yang paling terkenal di antara objek lainnya. ia juga merupakan objek yang baru terungkap di tahun 2014.

Sosok di balik munculnya marmot di dekat gletser Aetsch adalah seorang kartografer Paul Ehrlich di tahun 2011. Sampai sekarang, marmot itu masih berada di sana.