Ilmuwan identifikasi planet yang dapat dihuni selain bumi

  • Share
Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com — Saat ini, bumi telah menjadi planet dengan kondisi yang baik untuk kehidupan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa tempat lain juga memiliki potensi seperti bumi. Maka dari itu, para ilmuwan mengidentifikasi sebanyak 24 planet yang cocok untuk dihuni makhluk hidup.

Kedua puluh empat planet tersebut tentunya masih sangat jauh dari jangkauan, namun, mengetahui potensi huninya mulai dari sekarang tentu akan sangat membantu kehidupan di masa depan.

Sebuah studi dari Washington State University mengungkapkan, 34 planet tersebut berupa sifat-sifat yang menjadi syarat layak huninya. Sayangnya, tak satupun dari planet tersebut memiliki jarak kurang dari 100 tahun cahaya dari bumi. Bayangkan betapa jauhnya letak planet potensial tersebut.

Dari hasil penelitian ini diterbitkan dapam jurnal dengan judul In Search for a Planet Better than Earth: Top Contenders for a Superhabitable World, ada kemungkinan bahwa planet lain lebih layak huni daripada bumi yang sedang kita pijak sekarang.

Mungkin saat ini kita merasa bumilah planet terbaik yang bisa dihuni. Namun, nyatanya, kita tak pernah ke planet lain sehingga mengabaikan potensi planet yang lain. Jangan sampai anda termakan oleh bias antroposentris dan geosentris.

Baca Pula:  Manipulasi otak untuk mengurangi keinginan makan berlebihan

Pencarian planet super layak huni ini dilakukan pada 4500 kandidat. Penelitian ini bukan bertujuan untuk manusia agar melarikan diri ke sana. Namun, lebih kepada penyelidikan masa depan pada planet-planet tersebut dengan menggunakan teleskop luar angkasa yang akan datang.

Bagaimana sebuah planet dikatakan layak huni?

Pertama, para ilmuwan mencari tahu jenis matahari yang akan mengorbit planet yang layak huni tersebut. Para ilmuwan tidak memilih bintang dengan tipe G kerdil atau “bintang dG”, meski mirip dengan matahari kita, namun kehidupan di planet yang mengorbit bintang dG akan kehabisan waktunya.

Bumi sendiri membutuhkan 3.5 milyar untuk sampai pada kehidupan makroskopis, dan butuh sekitar 4 milyar tahun untuk kehidupan dengan teknologi semaju sekarang. Bintang dG juga berputar 10 kali lebih cepat daripada matahari yang kita nikmati sekarang.

Baca Pula:  Studi menjelaskan pentingnya mengelus anjing peliharaan sebelum pergi

Bintang lain, yaitu tipe bintang K. sayangnya, bintang ini sedikit lebih dingin dan kurang bercahaya, namun, ia bisa hidup lebih lama. Bahkan lebih lama dari matahari, yaitu sekitar 20 hingga 70 miliar tahun.

Selain mengorbit pada bintang, ukuran dan massa planet pun dipertimbangkan. Planet, sebaiknya memiliki massa lebih besar dari bumi, namun, tak lebih besar untuk menjadi raksasa gas. Planet juga perlu memiliki atmosfer yang kuat dan tebal, dengan suhu yang sedikit lebih tinggi untuk memelihara kehidupan di dalamnya.

Lingkungan yang layak huni, di antaranya memiliki sistem hidrotermal bawah laut, mata air panas bumi, kantong air asin di es laut dengan suhu sekitar 30 derajat Celsius. Selain itu juga tidak ada sumber radiasi alami pada tingkat yang dapat ditoleransi oleh D. radiodurans.

Masih banyak syarat yang dibutuhkan dalam menemukan planet layak huni. Dan dari semuanya, peneliti tidak menemukan satu pun planet yang benar-benar memenuhi kriteria.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com