Perketat pengawasan orang asing di Bolmut saat kasus Covid-19 menurun

Fandri Mamonto
Penulis Fandri Mamonto
Rapat kordinasi Timpora di Bolmut. (Foto Moh Firmansyah Goma/Prokopim pemkab Bolmut)



ZONAUTARA.COM- Sekertaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani menghadiri kegitan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kabupaten Bolmut tahun 2021 bertempat di Hotel Boroko, Rabu 13 Oktober 2021.

Pihaknya menyambut baik serta menyampaikan terima kasih kepada kantor imigrasi kelas II Kotamobagu yang telah memprakarsai kegiatan ini.

“Saya nilai ini sangat penting dalam rangka menyatukan sinergitas pengawasan orang asing,” ujarnya saat membacakan sambutam Bupati.

Kehadiran orang asing di negara Indonesia bukanlah sesuatu yang baru, hal ini juga bagian dari pasar global.

“Sehingga seiring dengan menurunnya angka penyebaran Covid-19, tidak mustahil negara kita didatangi oleh orang asing dengan beragam aktivitasnya, seperti bisnis ekonomi, kunjungn wisata, kunjungan budaya, aktivitas sosial kemasyarakatan dan lain-lain,” kata Sekda.

Dilihat dari posisi yang sangat strategsi sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain.

Secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia, penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang serta kepentingan bernuansa poltik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah. (Ronny)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com