ZONAUTARA.COM- Masyarakat di 72 desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Rabu 20 Oktober 2021 menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Salah satunya di desa Bolangitang, Kecamatan Bolangitang Barat.

Pantauan Zonautara.com di desa Bolangitang antusias warga memilih pemimpin di desanya cukup tinggi. Walaupun demikian pencoblosan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Dilokasi pencoblosan panitia menyediakan tempat cuci tangan, masker. Selain itu ada panitia yang memakai baju hazmat.


Ketua panitia Pilkades desa Bolangitang, Brayen Tomelo mengimbau warga yang datang memilih jangan berkerumun. Selain itu dirinya menyampaikan tetap memakai masker dan patuhi protokol kesehatan.

Selain itu, ia meminta ibu-ibu yang memiliki anak untuk tidak dibawah pada lokasi pencoblosan. Hal ini menurutnya agar pilkades ini tidak menciptakan klaster baru Covid-19.

“Mengingat karena pemilihan masih dalam suasana pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Bolmut Depri Pontoh berharap pelaksanaan pilsang nanti sama-sama menjaga kondisifitas wilayah agar tetap terjaga dan teciptanya pemilihan sangadi yang damai di kabupaten Bolmut.

Ia juga mengajak dalam pelaksanaan pemilihan sangadi  kepada masyarakat dan panitia pilsang agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19. (Ronny)