ZONAUTARA.com – Pandemic Covid-19 dengan penyebaran lewat droplet membuat semua orang perlu untuk memakai masker. Berbagai jenis bentuk dan bahan masker telah dikembangkan. Namun, anda juga bisa membuat masker DIY (do it yourself atau buatan sendiri) dengan desain dan bahan terbaik di rumah.

Sebagian besar ahli medis setuju bahwa mengenakan masker di tempat umum untuk menghentikan penyebaran Covid-19 lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa.

Sebuah penelitian yang dipulikasikan di ACS Nano dengan judul Aerosol Filtration Efficiency of Common Fabrics Used in Respiratory Cloth Masks menemukan bahwa menggabungkan dua bahan adalah metode terbaik untuk menghentikan penyebaran virus. Tapi kecocokannya harus tepat.

Karena masker bedah dan masker N95 langka dan hanya untuk profesional medis, anda harus membeli atau membuat penutup wajah sendiri dari kain. Peneliti dari Argonne National Laboratory dan University of Chicago di Amerika Serikat ini menguji bahan kain mana yang paling efektif untuk menyaring partikel yang mengandung kuman.

Mereka mengambil berbagai bahan umum termasuk kapas, sutra, sifon, flanel, berbagai sintetis, dan kombinasi masing-masing untuk menyelidiki sifat filtrasi mekanik dan elektrostatik dalam kondisi laboratorium.

Untuk melakukan pengujian ini, peneliti mengambil sampel sejumlah partikel aerosol di udara dengan menggunakan ruang pencampuran aerosol. Selanjutnya, mereka menyaring partikel melalui masing-masing kain uji, yang diamankan di ujung tabung PVC. Kemudian diambillah sampel udara yang berhasil melewati material tersebut.

Ukuran partikel dalam percobaan sangat bervariasi, dari sekitar 10 nanometer hingga 10 mikrometer. Sedangkan partikel virus corona berdiameter antara 80 dan 120 nanometer.

Hasil penelitian

Efisiensi filtrasi bahan masker hibrida seperti kapas-sutra, katun-sifon, dan kapas-flanel lebih besar dari 80 persen untuk partikel kurang dari 1000 nanometer. Sederhananya, kombinasi itu sangat efektif untuk menjaga partikel agar tidak menyebar.

Tim peneliti menemukan bahwa kain seperti kapas (cotton), yang memiliki jumlah benang tinggi, bekerja paling baik dalam menangkap partikel. Dengan jumlah benang yang tinggi, maka lubang lebih kecil dan lebih sedikit partikel besar yang dapat melewatinya.

Menariknya, anda sendiri pun bisa membuat masker hibrida ini sendiri di rumah dengan mencampurkan beberapa bahan kain yang terbukti efektif emnahan droplet. Yang penting juga ukurannya pas di wajah.