ZONAUTARA.com – Banyak sekali jenis tarian yang ada di dunia. Masing-masing juga berasal dari budaya dan negara yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan 10 genre tarian populer yang perlu anda ketahui.

Balet

Tarian balet berkembang selama Renaisans Italia. Awalnya, balet merupakan tarian konser yang dimaksudkan untuk pertunjukan publik, sebelum banyak berkembang di Prancis dan Rusia.

Enam metode inti balet yang diakui di antaranya metode Cecchetti, metode Bournoville, metode Vaganova, Sekolah Prancis, metode Royal Academy of Dance dan metode Balanchine.

Balet dipelajari secara profesional di sekolah-sekolah tari top di seluruh dunia.

Modern dance

Tari modern terutama muncul dari negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Jerman selama akhir 1900-an.

Tari modern awalnya lahir dari ketidaksukaan akan keterbatasan tarian tradisional seperti balet, yang seringkali menindas penari dengan aturan dan teknik yang kaku.

Hip-hop

Menari hip-hop mengacu pada berbagai tarian jalanan yang berkembang dalam kaitannya dengan musik dan budaya hip hop.

Tarian hip-hop dimulai pada awal 1970-an di New York dan California, berkembang dari funk dan perkembangan break beat. Gaya utama tarian hip-hop termasuk breaking, locking dan popping.

Ballroom

Dansa ballroom adalah jenis tarian pasangan yang berasal dari akhir abad keenam belas di Prancis. Ballroom saat ini telah berkembang menjadi dua subgenre utama yaitu standar/halus dan Latin/irama.

Tarian dalam kategori ini termasuk waltz, tango dan foxtrot, dan pasodoble, bolero dan samba.

Kontemporer

Dikembangkan selama pertengahan abad kedua puluh, tari kontemporer sekarang menjadi salah satu bentuk tari yang paling populer terutama di AS dan Eropa.

Penari kontemporer membutuhkan pelindung untuk melindungi kaki, tungkai, dan pergelangan kaki mereka dari gerakan dan perubahan ritme yang cepat.

Jazz

Tarian jazz berakar pada tradisi Afrika abad ketujuh belas. Tarian Jazz dikenal karena gerakan tubuh yang dramatis, tarian jazz semakin populer di klub jazz awal abad kedua puluh.

Irish dance

Berasal dari Irlandia, bentuk tarian tradisional ini telah populer selama ratusan tahun di Irlandia dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Tap dance

Tap dancing adalah jenis tarian perkusi yang dicirikan oleh “ketukan” sepatu yang mengenai lantai saat menari. Penari tap sering memakai “tap” logam pada tumit dan ujung sepatu untuk menonjolkan suara.

Folk dance

Tarian rakyat dirayakan di seluruh dunia dengan orang-orang dari budaya dan agama yang berbeda.

Folk dance juga menggambarkan emosi, cerita, peristiwa sejarah atau bahkan aspek kehidupan sehari-hari.

Beberapa jenis tarian rakyat yang terkenal antara lain: Bharatanatyam (India), Samba (Brasil) dan Hula (Hawaii).

Swing

Swing merupakan variasi tarian jazz yang berkembang antara tahun 1920-an hingga 1940-an sebagai respon atas semakin populernya swing jazz di Amerika.

Bentuk populer dari Swing Dance termasuk Lindy Charleston, Jitterbug, Lindy Hop dan Balboa, banyak di antaranya masih dilakukan sampai sekarang.