ZONAUTARA.com – Hal yang menyenangkan saat memasak adalah saat kita bisa mengeksplorasikan masakan dengan berbagai rasa dan keunikan. Namun, apapun olahannya, garam tak pernah absen dalam masakan. Tahukah anda bahwa banyak sekali jenis-jenis garam?

Garam tak hanya menghidupkan rasa makanan, namun juga menekan kepahitan, dan membantu mengawetkan makanan.

Secara teknis semua garam adalah garam laut. Namun demikian, tidak semua garam sama dan tidak boleh digunakan dengan cara yang sama. Berikut merupakan 12 jenis garam dan cara menggunakannya.

Garam dapur

Garam ini juga dikenal sebagai garam beryodium. Table salt memiliki butiran yang sangat halus dan mengandung kalium iodida dan zat anti-caking yang membantu mencegahnya menggumpal.

Karena zat anti-penggumpalan dapat mengeluarkan rasa logam saat digunakan dalam jumlah besar, garam meja tidak boleh digunakan dalam resep masakan dengan rasa yang gurih. Garam jenis ini bisa digunakan saat memanggang.

Garam Kosher

Tekstur garam ini ringan tapi kasar. Tekstur semacam ini membantu Anda menghindari over salting. Garam ini dapat digunakan dalam aplikasi masakan apa pun dengan harga yang cukup terjangkau.

Perlu diingat bahwa merek garam kosher yang berbeda akan memiliki tingkat salinitas yang berbeda.

Garam pink Himalaya

Garam pink Himalaya dipanen dari Tambang Garam Khewra di Pegunungan Himalaya di Pakistan. Mudah dikenali karena warnanya yang merah muda.

Garam ini mengandung 84 mineral alami yang ditemukan dalam tubuh manusia. Karena harganya yang mahal membuat garam ini hanya untuk hidangan penutup.

Garam Hawaii merah

Garam merah Hawaii adalah garam laut yang dicampur dengan tanah liat vulkanik yang kaya oksida besi. Warna merahnya yang mencolok membuatnya sempurna untuk menghiasi hidangan yang sudah jadi.

Garam Hawaii hitam

Dibuat dengan menambahkan arang aktif ke garam laut, garam Hawaii hitam dikenal karena rasanya yang kuat.

Garam laut

Dipanen dari air laut yang diuapkan, garam laut bisa terasa sangat asin atau sedikit asin, tergantung di mana ia dipanen, jadi pastikan untuk mencicipi sebelum menggunakannya.

Garam laut kelabu (Celtic grey sea salt)

Dipanen dari kolam pasang surut Atlantik di lepas pantai Prancis, garam laut Celtic juga dikenal sebagai sel gris. Gunakan garam pada sayuran panggang atau daging panggang.

Garam flake (Flake salt)

Flake salt memiliki kandungan mineral yang rendah. Karena harganya yang mahal, paling baik digunakan sebagai garam yang ditaburkan di salad atau kue keping cokelat.