ZONAUTARA.COM – Tisu toilet tentu merupakan sebuah perkembangan teknologi hasil dari inovasi manusia. Namun, jika ditarik ke belakang sebelum adanya tisu toilet, apa yang dilakakukan oleh orang Romawi kuno?

Peradaban Romawi Kuno memang merupakan peradaban yang banyak diikuti oleh masyarakat Amerika modern. Sebelum lahir tisu toilet yang secara resmi diperkenalkan di Amerika pada tahun 1857, orang Romawi Kuno memiliki cara yang unik dan cenderung menjijikkan saat buang air besar.

Mengutip dari sapiens.org, ketika Gunung Vesuvius meletus pada 24 Agustus 79 M, Pompeii, Herculaneum, dan pemukiman Romawi lainnya disegel. Kemudian pertama kali digali pada abad ke-18, dan sejak itu situs ini telah memberi kita gambaran kehidupan masyarakat Romawi kuno.

Banyak kamar mandi yang ditemukan di Pompeii. Kamar mandi tersebut indah, dengan lukisan dinding dan pahatan di sudutnya.

Namun, toilet zaman Romawi Kuno tidak menggunakan penyiraman. Beberapa dari mereka diikat ke pipa internal dan sistem saluran pembuangan, yang sering kali hanya terdiri dari aliran kecil air yang mengalir terus menerus di bawah dudukan toilet.

Dengan cara yang sama seperti kita menggunakan toilet sekarang, orang Romawi Kuno akan duduk dan menyelesaikan urusan buang air besarnya.

Namun, alih-alih meraih gulungan kertas toilet, orang Romawi kuno akan mengambil tersorium, semacam sikat toilet. Tersorium merupakan perangkat yang dibuat dengan menempelkan spons alami ke ujung tongkat.

Orang Romawi kuno hanya akan menyeka dan membilas tersorium dengan air mengalir atau seember cuka atau air garam, dan membiarkannya digunakan oleh orang berikutnya. Tersorium memanglah digunakan bersama-sama.

Bagaimana dengan buang air kecil?

Seperti yang bisa kita ketahui dari data historis dan arkeologis, orang Romawi kuno buang air kecil di pot kecil di rumah, kantor, dan toko mereka. Ketika pot-pot kecil itu penuh, mereka membuangnya ke dalam wadah besar.

Kemudian seseorang akan datang seminggu sekali untuk mengumpulkan air kencing tersebut dan membawanya ke binatu. Orang Romawi kuno mencuci sandang mereka dengan air kencing. Karena urin manusia penuh dengan amonia dan bahan kimia lain yang merupakan deterjen alami yang baik.

Sangat unik bukan apa yang dilakukan orang Romawi Kuno? Apa yang mereka lakukan merupakan awal dari berkembangnya peralatan yang sangat mudah saat ini. Hal tersebut merupakan bagian dari sejarah yang menjadi saksi peradaban manusia.