ZONAUTARA.com – Masing-masing orang memiliki cara untuk membelanjakan dan menyimpan uangnya sendiri. Artikel ini akan membahas tentang 5 jenis kepribadian tersebut. Anda termasuk yang mana?

Investopedia menggolongkan 5 tipe kepribadian seseorang dalam mengolah uang. Lima hal itu di antaranya pembelanja, penabung, pembeli, debitur, dan investor.

Mengetahui kepribadian orang dapat membantu untuk memahami cara agar dapat mengolah uang sesuai dengan keinginan anda, dan dapat memanfaatkan uang dengan lebih cerdas.

Masing-masing kepribadian tersebut memiliki pandangannya sendiri tentang keuangan dan cara melakukan sesuatu dengan uang tersebut.

Pembelanja/pemboros

Pembelanja merasa nyaman membelanjakan uang dan akan mengambil risiko besar dalam investasi. Mereka menempatkan nilai tinggi dalam harta benda mereka, sering kali menginginkan benda yang baru dirilis, seperti smartphone terbaru, pakaian bermerek, dan kendaraan kelas atas.

Penabung

Penabung adalah kebalikan dari pemboros. Menghabiskan uang membuat mereka merasa tidak nyaman, mereka selalu berbelanja dengan harga murah, dan mereka berusaha menghemat uang di mana pun mereka bisa.

Pembeli

Pembeli sering mengembangkan ikatan emosional untuk membelanjakan dan menerima uang. Suasana hati mereka sering turun dan meningkat dengan rekening bank mereka. Pembeli merasa sangat sulit untuk menolak membelanjakan uang mereka, bahkan jika mereka membeli barang yang tidak mereka butuhkan.

Debitur

Debitur tampaknya tidak memiliki ikatan emosional dengan keuangan mereka.  Meraka mungkin sadar memiliki utang, namun mereka tidak melacak pada siapa mereka berhutang. Debitur biasanya membelanjakan lebih dari pemasukan mereka.

Investor

Investor sangat berorientasi ke masa depan dan secara sadar menyadari keuangan mereka. Mereka sering kali mengambil keuntungan dari investasi setelah mempertimbangkan pilihan dengan cermat.

Investor biasanya membayar tagihan mereka tepat waktu, dan membelanjakan uang dengan didorong oleh pilihan yang telah dipikirkan dengan matang.

Di antaranya semua tipe di atas, anda termasuk yang mana? Perhatikan keuangan anda dengan seksama agar tak merugi di masa depan.