ZONAUTARA.com – Di sela-sela istirahat bekerja, kebanyakan orang memutuskan untuk melihat layar poselnya. Mungkin anda berpikir bahwa melihat layar ponsel akan membunuh kejenuhan. Ternyata, melihat posel malah membuat anda lebih bosan.

Sebelum orang ketergantungan dengan teknologi digital, menghirup udara segar maupun jalan-jalan merupakan bentuk istirahat yang mengasyikkan ketika lelah bekerja. Padahal, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa melihat ponsel akan membuat kita lebih jenuh.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan smartphone meningkat saat kita merasa bosan atau lelah. Kita cenderung menghabiskan beberapa menit menggulir di ponsel daripada melakukan hal lain yang lebih menarik.

Studi baru dari Radboud University, dengan judul Fatigue, boredom, and objectively-measured smartphone use at work tidak menyarankan hal itu.

Dalam penelitiannya, tim peneliti meminta 83 peserta untuk menilai tingkat kelelahan dan kebosanan mereka setiap jam selama tiga hari kerja. Sebuah aplikasi juga telah dipasang di ponsel mereka, yang memantau penggunaan ponsel selama dua puluh menit sebelum dan setelah laporan mandiri.

Hasilnya, saat kelelahan dan kebosanan peserta meningkat, maka frekuensi mereka melihat ponsel juga meningkat.

Anehnya, setelah melihat layar ponsel, kebosanan dari peserta tidak berkurang. Para peneliti melaporkan tingkat kebosanan yang lebih tinggi setelah peserta menggunakan smartphone mereka.

Mengutip dari The British Psychological Society, Peneliti menduga ada dua alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Pengalihan antara satu tugas dengan yang lainnya dapat membawa beban kognitifnya sendiri, sehingga melihat ponsel sekilas tidak cukup untuk menutupi kekurangannya.

Yang kedua, melihat telepon hanya mengisi kesenjangan antara hal-hal yang menurut melelahkan dan hal-hal yang menyegarkan, sehingga membuat kita makin bosan saat kembali bekerja.

Para peneliti mengatakan bahwa penelitian ini memiliki ukuran sampel yang kecil, jadi penting untuk tidak menarik terlalu banyak kesimpulan definitif dari temuannya.

Sebagai gantinya, isi waktu anda dengan meninggalkan meja atau melihat ke luar jendela selama lima menit. Hilangkan kebosanan anda dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan dan efektif.