ZONAUTARA.com – Bagi penyuka olahraga yang menantang, tentu tak asing dengan istilah Zipline atau lebih dikenal dengan sebutan flying fox. Wahana outbond ini banyak digemari oleh kalangan penyuka tantangan dengan adrenalin tinggi.

Bagaimana tidak kita akan bergelantungan melewati seutas kawat yang dibentang dengan jarak yang lumayan sangat jauh dan dengan ketinggian yang cukup memacu jantung.

Dengan kondisi yang menantang dan bisa dikatakan berpotensi bahaya, sudah seharusnya zipline dilengkapi dengan berbagai macam peralatan keselamatan yang menunjang dan tersertifikasi dari lembaga yang mengaudit soal keselamatan wahana outbond.

Di Sulawesi Utara sendiri terdapat beberapa lokasi wisata yang menawarkan wahana outbond zipline salah satunya adalah  Manado Treetop Zipline Park.

Manado Treetop Zipline Park terletak di Tongkaina, Kecamatan Bunaken dibawah pengelolaan Hotel Grand Luley, dengan luas  area kurang lebih 4.500 meter persegi. Tentu area seluas itu akan memberikan sensasi bermain zipline yang sangat memuaskan.

Panjang lintasan zipline yang akan kita lewati kurang lebih 600 meter dengan berbagai tantangan diantaranya berjalan diatas jembatan gantung dan tangga. Selain itu kita juga akan berpindah-pindah di 16 batang pohon.

Instruktur sedang melewati lintasan sebelum dilewati oleh pengunjung (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

Dari segi keamanan, zonatarian tidak perlu khawatir, karena Manado Treetop Zipline Park merupakan wahana franchise yang berbasis di Eropa dengan standart keamanan yang sudah tersertifikasi.

Salah satu keamanan yang ada di Manado Treetop Zipline Park adalah dengan penggunaan smart carabiner (pengait pintar), dimana smart carabiner ini memiliki dua pengait yang bisa di pasang secara bersamaan tapi tidak bisa di lepas secara bersamaan.

“Smart carabiner merupakan sebuah teknologi dimana ketika kedua pengait ini telah terpasang di jalur zipline maka kita tidak bisa melepaskan kedua pengait ini secara bersamaan. Dengan sistem smart yang dimiliki oleh carabiner ini, pengait yang satu tidak akan terlepas dari zipline jika pengait yang satunya belum terpasang di lintasan zipline berikutnya,” jelas Jusuf Mandalika selaku Supervisi Manado Treetop Zipline Park, Senin (15/11/2021).

Pengunjung sedang melewati jembatan gantung (Foto: Zonautara.com/Suhandri Lariwu)

Selain wahana zipline di lokasi ini juga terdapat camping ground. Bagi zonatarian yang ingin merasakan bagaimana sensasi berkemah ceria bersama keluarga ataupun komunitas bisa menjajal lokasi yang asri dengan suguhan pemandangan yang indah ini.

Harga untuk merasakan sensasi zipline ini terbilang cukup murah, Normalnya adalah Rp330 ribu, namun untuk saat ini sobat zonatarian bisa mendapatkan diskon, dan cukup membayar Rp180 ribu perorang untuk sekali main.

Sedangkan untuk zonatarian yang hanya ingin merasakan sensasi camping, dapat menyewa lokasi camping ground dengan harga Rp 100 perorang permalam.