ZONAUTARA.com – Terkadang, ketika sedang stress, kita mungkin tidak memikirkan makanan apa saja yang mendarat di piring anda.

Anda mungkin hanya akan memikirkan makanan yang bergizi tanpa memikirkan kelezatan makanannya. Padahal, diet makanan lezat dengan nutrisi yang cukup tak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik anda, tapi juga kesejahteraan mental anda.

Sayangnya, jika terlalu berfokus pada manfaat dari makanan tersebut pada fisik dan mental kita tanpa memikirkan bagaimana lezatnya makanan tersebut, maka anda tetap akan sulit menuai manfaatnya secara utuh.

Hal ini disebutkan oleh jurnal dengan judul Increasing Vegetable Intake by Emphasizing Tasty and Enjoyable Attributes: A Randomized Controlled Multisite Intervention for Taste-Focused Labeling dari Stanford University.

Brad Turnwald, Ph.D. mengungkapkan bahwa budaya kita terbiasa memikirkan bagaimana makanan bergizi akan membantu tubuh kita agar lebih baik atau mencegah penyakit, tetapi hal ini bukan prioritas utama seseorang ketika sedang lapar dan menginginkan sesuatu yang rasanya enak. Hal ini dapat menimbulkan pola pikir bahwa makan sehat itu membosankan dan tidak enak.

Agar sebuah makanan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi badan, mental, serta kepuasan rasa yang lezat, maka semuanya perlu dipadukan menjadi satu dalam mengambil keputusan makan.

Thrive Global telah menyimpulkan beberapa kiat-kiat berikut agar anda dapat membuat keputusan makan yang baik.

Mulailah dari hal-hal kecil

Vagdevi Meunier, Psy.D., psikolog klinis dan pelatih The Gottman Institute, menyarankan untuk membuat satu perubahan pada satu waktu. Meunier menyarankan untuk memulai dengan membuat hanya satu pertukaran, seperti menukar kentang goreng dan kol panggang dengan sepotong roti. Ini akan membantu pikiran kita menyesuaikan diri dengan perubahan.

Fokuslah pada rasa

Makanan sehat memiliki lebih banyak hal untuk ditawarkan, tak cuma vitamin dan nutrisi. Studi Turnwald menemukan bahwa memperhatikan unsur-unsur pengalaman makan karena rasa yang lezat ini dapat membantu kita memilih makanan dengan bijak.

Buat rencanakan ke depan

Penelitian dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa karyawan yang memutuskan pesanan makan siang mereka di pagi hari, mengonsumsi kalori lima persen lebih sedikit daripada rekan mereka yang membuat pilihan makan siang saat itu juga.

Ikuti beberapa cara ini agar anda dapat memiliki pengalaman makan yang luar biasa, juga mendapat nutrisi yang cukup untuk badan anda.